26/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

WNA Dilarang Masuk Indonesia Mulai 2 April 2020, Mulai Siaga

2 min read

Laju Berita – Pemerintah menetapkan larangan berkunjung atau transit bagi warga negara asing (WNA) ke Indonesia, guna menyikapi tantangan penyebaran virus Corona tipe baru atau Covid-19.

“Aturan ini berlaku mulai 2 April 2020 pukul 00.00 WIB,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada wartawan melalui konferensi video, Rabu (1/4/2020).
Larangan itu tertuang dalam Peraturan Menkumham Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan aturan itu mulai berlaku efektif Kamis (2/4/2020) pukul 00.00 WIB. Larangan tersebut berlaku untuk semua WNA dengan enam pengecualian.

“Aturan tersebut mulai berlaku 2 April 2020 pukul 00.00 WIB,” katanya dalam telekonferensi bersama awak media, Rabu (1/4/2020).

Namun, larangan itu tidak berlaku bagi WNA yang masuk dalam enam kategori. Yaitu orang asing pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, orang asing pemegang visa diplomatik dan visa dinas, orang asing pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas.

Selanjutnya, tenaga bantuan dan dukungan medis pangan yang didasari oleh alasan kemanusiaan, awak alat angkut baik laut, udara, maupun darat, serta orang asing yang akan bekerja pada proyek-proyek strategis nasional.

Namun, orang asing yang dikecualikan tersebut harus memenuhi sejumlah persyaratan sebelum diizinkan masuk ke wilayah Indonesia.

BACA JUGA : Polisi Menetapkan 7 Tersangka, Kasus Pencabulan Siswi SMK Deli Serdang

Persyaratan yang dimaksud yaitu adanya surat keterangan sehat dalam bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan masing-masing negara. Telah berada 14 hari di wilayah atau negara yang bebas Covid-19, serta pernyataan bersedia dikarantina selama 14 hari yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah memberlakukan larangan masuk atau transit bagi pendatang yang dalam 14 hari terakhir. Berkunjung ke Iran, Italia, Vatikan, China, Korea Selatan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss, dan Inggris.

Selain kebijakan itu. Indonesia memberlakukan protokol kesehatan di setiap pintu-pintu masuk Tanah Air bagi warga negara Indonesia (WNI) yang baru saja tiba. Salah satu protokol wajib mengisi health alert card yang disiapkan oleh Kementrian Kesehatan.

Bagi WNI yang menunjukkan gejala ringan dianjurkan melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

“Bagi yang menunjukkan gejala maka akan ditangani lebih lanjut. Yaitu kemudian akan dilakukan karantina secara terpisah dan ditangani lebih lanjut,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai rapat terbatas lewat konferensi video bersama Presiden Joko Widodo, Selasa, 31 Maret 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.