21/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

WhatsApp Mengambil Tindakan Tegas Soal Komitmen Lawan Hoaks

2 min read
WhatsApp Mengambil Tindakan Tegas Soal Komitmen Lawan Hoaks

LajuBerita – WhatsApp APAC Communications Director, Sravanthi Dev, menegaskan mengenai komitmen WhatsApp untuk melawan misinformasi dan hoaks.

Seiring dengan popularitasnya saat ini, WhatsApp saat ini juga tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tapi juga sebagai platform menyebarkan informasi. Sayangnya, ada sejumlah pihak yang menyalahgunakan dengan menyebarkan spam hingga hoaks.

WhatsApp telah melakukan beberapa langkah untuk mengurangi peredaran hoaks. Salah satunya dengan mengedukasi orang-orang tentang cara aman menggunakan WhatsApp.

Layanan milik Facebook ini juga mengklaim telah banyak memblokir akun-akun yang menyebarkan spam dan hoaks. WhatsApp juga membatasi penerusan pesan hanya kepada lima akun dalam satu waktu.

“Kami berusaha untuk menangani penyebaran misinformasi. Salah satunya dengan menandai pesan yang telah diteruskan atau sering diteruskan,” ungkap Sravanthi pada Kamis (27/8/2020).

Baca Juga : Demi Konten TikTok, Wanita Ini Bawa Anak Dengan Ember, Lalu Jatuh Nangis Kesakitan.

Selain itu juga, saat ini juga telah ada label “forwarded” agar penerima pesan mengetahui bahwa pesan tersebut telah diteruskan dari akun lain.

WhatsApp pun membatasi pesan yang dianggap sering diteruskan hanya kepada satu akun dalam satu waktu. Langkah ini diklaim mengurangi jumlah pesan yang sering diteruskan sebanyak 70 persen.

Diungkapkan Sravanthi, WhatsApp telah memblokir dua juta akun yang menyebarkan spam setiap bulan. WhatsApp menggunakan machine learning untuk mengidentifikasi dan memblokir akun yang mengirimkan pesan secara massal.

Langkah Lain

Sravanthi mengatakan, WhatsApp juga bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat untuk melawan misinformasi

WhatsApp telah merilis chat bot dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dan International Fact Checking Network untuk melawan misinformasi.

Keamanan untuk Pengguna

WhatsApp juga memberikan keleluasaan bagi pengguna terkait konten yang diterimanya. Pengguna bisa melaporkan jika menerima konten bermasalah kepada WhatsApp seperti fitnah, pornografi, mengancam, melecehkan, dan kebencian.

“Kami akan menonaktifkan akun yang melanggar ketentuan layanan kami,” kata Sravanthi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.