24/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Warga Sumut Akan Menerima Bantuan Sosial Dari Pemerintah

1 min read

Laju Berita – Warga Sumut akan menerima bantuan sosial dari Pemerintah pusat senilai Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan. Bantuan ini diperuntukkan bagi warga miskin yang terdampak pendemi virus corona.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan, pemerintah melalui Kemensos akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) dengan tunai Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan (April sampai Juni 2020), per kepala keluarga pada warga Sumatera Utara.

Untuk data penerima sendiri, kata Mensos, pemerintah pusat menyrahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Provinsi untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima bantuan uang tunai ini.

“Kami memberikan keleluasaan kepada daerah siapa yang memamng dianggap berhak sebagai penerima bansos tunai. Kami berikan fleksibilitas pada daerah untuk menentukan siapa yang menerima. Karena daerah lebih tahu dengan daerahnya masing-masing, ungkapnya dalam teleconfernce bersama Gubernur Sumut. Bupati/Wali kota Sumut, serta Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota se-Sumut, Kamis malam (17/4/2020).

BACA JUGA : Dunia Gempar Akibat Penyebaran Corona, 17 Orang Asik Pesta Narkoba

Sementara itu, dalam mekanisme pelaksaan bansos tunai dari Kemensos, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sebagai acuan sasaran penerima program bansos tunai disiapkan Pusdatin Kemensos.

Alokasi awal Keluarga Penerima Manfaat (KPM) banss tunai per Kabupaten/Kota dilakukan oleh Kemensos.

Kemudian Kabupaten/Kota melakukan usulan calon penerima bansos tunai kepada Kemensos melalui persetujuan Bupati/Wali Kota dan diketahui Gubernur melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial.

“Saat ini warga Sumut sangat membutuhkannya, terutama masyarakat miskin yang terdampak virus corona di daerah ini, sebut Edy Rahmayadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.