28/02/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Vanessa Angel Bebas Murni pada 17 Januari 2021

2 min read
Vanessa Angel Bebas Murni pada 17 Januari 2021

Laju BeritaKabar bahagia datang dari artis Vanessa Angel. Saat ini dirinya tidak lagi menyandang status tahanan asimilasi. Vanessa Angel Bebas Murni pada 17 Januari 2021.

Hal tersebut tertulis pada keterangan pers Rika Aprianti selaku Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS.

“Bahwa yang bersangkutan sudah bebas murni (ekspirasi) yang jatuh pada 17 Januari 2021,” tertulis pada keterangan pers tersebut.

Vanessa Angel sebelumnya tersangkut masalah narkoba dan menjalani masa pidana pada 18 November 2020 di Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur. Setelah 1 bulan menjalani masa tahanan, Vanessa Angel mendapatkan asimilasi pada 18 Desember 2020.

Vanessa Angel dijatuhkan hukuman penjara 3 bulan dan denda Rp 10 juta. Dengan subsidair 1 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Vanessa mendapatkan asimilasi dengan beberapa pertimbangan.

Baca Juga : Farida Pasha Pemeran Mak Lampir Meninggal Dunia

Alasan Vanessa mendapat asimilasi tercantum dalam surat Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS.3-PK.01.04.04-766.

Alasan yang pertama, yaitu karena dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020. Peraturan tersebut berisi tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak. Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19, pemberian asimilasi bagi narapidana yang dipidana 6 (enam) bulan atau kurang masih belum diatur.

Kedua, Vanessa melakukan tindak pidana atau pelanggaran ringan sehingga dapat diberikan asimilasi di rumah.

Ketiga, pemberian asimilasi di rumah untuk narapidana yang dipidana atau sisa pidana sampai dengan 6 (enam) bulan. Saebagaimana di atur dalam Surat Edaran Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-516.PK.01.04.06 Tahun 2020 mengenai Mekanisme Pelaksanaan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Nomor 10 Tahun 2020 mengenai Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak. Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19 seperti poin 5 huruf a nomor (2) berbunyi : “Menerbitkan surat keputusan asimilasi bagi narapidana dan Anak yang sisa pidananya 6 (enam) bulan atau kurang. Terhitung tanggal pada saat surat keputusan asimilasi dikeluarkan.”

Saat itu Venessa Angel dinyatakan memenuhi semua persyaratan tersebut. Sehingga mulai tanggal 17 Januari 2021 Vanessa Angel sudah bebas murni dan tidak lagi jadi tahanan asimilasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.