01/12/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

[TEKNO] NASA Berikan Kontrak Kepada Nokia Untuk Bangun Jaringan 4G di Bulan

2 min read
[TEKNO] NASA Berikan Kontrak Kepada Nokia Untuk Bangun Jaringan 4G di Bulan

LajuBerita – Badan Antariksa AS (NASA) memasang jaringan 4G di bulan. Hal itu guna mencapai tujuannya pada 2028 untuk membangun pangkalan bulan.

NASA memberikan 370 juta dolar AS kepada lebih dari 12 perusahaan untuk menyebarkan teknologi di permukaan bulan. Inovasi tersebut termasuk pembangkit listrik jarak jauh, pembekuan kriogenik, robotika, pendaratan yang lebih aman, dan 4G.

Untuk menyebarkan jaringan seluler 4G di bulan tersebut, NASA telah memberi kontrak pada Nokia Amerika senilai US$ 14,1 juta atau sekitar Rp 208 miliar.

Sinyal 4G mungkin akan bekerja lebih baik di bulan daripada di sini karena tidak akan ada pohon, bangunan, atau sinyal TV untuk mengganggu sinyal 4G. Jaringan seluler bulan juga akan dirancang khusus untuk menahan kekhasan permukaan bulan seperti suhu ekstrem, radiasi, dan ruang hampa.

Rencana Nokia adalah membangun jaringan 4G/LTE, dan pada akhirnya bertransisi ke 5G. “Ini akan menjadi sistem komunikasi LTE / 4G pertama di luar angkasa,” menurut pengumuman NASA.

Baca Juga : [TEKNO] User Snapchat Saat Ini Dapat Memasukan Musik Didalam Unduhannya.

“Sistem ini dapat mendukung komunikasi permukaan bulan pada jarak yang lebih jauh, meningkatkan kecepatan, dan memberikan keandalan yang lebih dari standar saat ini,” bunyi pengumuman itu.

Badan riset Nokia, Bell Labs, memberikan detail lebih lanjut di utas Twitter. Perusahaan bermaksud agar jaringan tersebut mendukung operasi nirkabel penjelajah bulan dan navigasi, serta video streaming. Bell Labs yang sebelumnya dioperasikan oleh AT&T, akan bermitra dengan perusahaan rekayasa luar angkasa, yaitu Intuitive Machines untuk membangun jaringan 4G-LTE.

“Jaringan ini dibangun agar kompak dan efisien, serta dirancang khusus untuk menahan suhu ekstrim, radiasi dan kondisi ruang hampa,” tulis perusahaan itu.

Menurut laman UPI, NASA mengatakan dalam siaran langsung pengumuman tersebut bahwa jaringan tersebut akan meluas ke pesawat ruang angkasa, dan membantu mengembangkan teknologi yang sesuai untuk bulan.

Meskipun tidak ada detail tentang garis waktu proyek ini menjadi kenyataan, namun itu semua untuk mendukung tujuan NASA memiliki pangkalan di Bulan pada tahun 2028, kata Administrator NASA Jim Bridenstine dalam pengumuman tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.