24/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Tarif Listrik dan Harga Emas Cenderung Turun di November 2020

1 min read
Tarif Listrik dan Harga Emas Cenderung Turun di November 2020

Laju Berita – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tarif listrik dan harga emas mengalami penurunan harga pada November 2020. Bahkan keduanya dominan menyumbang deflasi, meskipun secara umum Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi 0,28 persen di November 2020.

“Komoditas yang mengalami penurunan harga, antara lain daging sapi, beras, tarif listrik, dan emas perhiasan,” ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Setianto dalam konferensi pers, Selasa (1/12).

BPS mencatat tarif listrik menyumbang deflasi sebesar minus 0,01 persen pada kelompok pengeluaran perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga. Tercatat, kelompok pengeluaran ini mengalami deflasi minus 0,04 persen.

Baca Juga : Gubernur DKI Jakarta Dan Wakil Gubernur Positif Virus Corona

“Penurunan tarif listrik ini diberlakukan untuk listrik pasca bayar,” imbuhnya. Selain itu, deflasi tarif listrik menyebabkan komponen energi mengalami deflasi sebesar minus 0,11 persen.

“Kalau kita lihat kelompok komponen energi ini terutama disebabkan oleh turunnya tarif listrik untuk pascabayar di bulan November ini,” tuturnya.

Sedangkan, emas memiliki andil minus 0,02 persen pada deflasi kelompok pengeluaran perawatan pribadi dan jasa lainnya. Kelompok ini, mengalami deflasi sebesar minus 0,23 persen.

BPS mencatat, dari 11 kelompok pengeluaran hanya dua kelompok pengeluaran tersebut yang mengalami deflasi. Sementara itu, kelompok pengeluaran lainnya mencatat inflasi dengan inflasi tertinggi kelompok makanan, minuman, dan tembakau yakni 0,86 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.