28/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Sri Mulyani Percaya RI Bangkit dari Krisis Gegara Corona

2 min read

LajuBerita.news,Jakarta – Ekonomi Indonesia dipastikan masuk jurang resesi pada kuartal III-2020. Sejak saat pandemi COVID-19 melanda, ekonomi nasional terdampak melonjak turun. Hal itu terlihat dari realisasi kuartal II tahun ini yang minus 5,32%.

Pada kuartal III-2020, berbagai lembaga internasional memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap minus. Hal itu juga dibuntuti dengan angka proyeksi dari Kementerian Keuangan yang di kisaran minus 2,9% sampai minus 1%

Bahkan, sepanjang tahun 2020 ekonomi nasional diperkirakan Kementerian Keuangan berada di kisaran minus 1,7% sampai minus 0,6%. Dengan hal itu, Indonesia sudah resesi. Sebab, pertumbuhan ekonominya negatif selama dua kuartal berturut-turut atau lebih.

BACA JUGA : Presiden Macron Salah Memaknai Tentang Nabi Muhammad Berujung Demo

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia harus bisa keluar dari krisis kesehatan akibat pandemi Corona. Indonesia memiliki pengalaman keluar dari zona krisis yaitu pada tahun 1998 dan 2008.

Sri Mulyani menceritakan ekonomi nasional memiliki pengalaman yang cukup hebat, di antaranya adalah mengalami hiperinflasi hingga perekonomian yang hancur akibat peran dan warisan dari para penjajahan.

“Setiap krisis bangsa Indonesia selalu mampu keluar dari krisis dan menjadi lebih baik, kita juga akan berjuang dalam menghadapi situasi ini dengan semangat yang sama,” ujar Sri Mulyani dalam sambutannya di upacara Hari Oeang ke-74, Sabtu (31/10/2020).

Ia pun bercerita lebih lanjut mengenai sejarah perbaikan ekonomi nasional dari era kolonial. Perbaikan dimulai pada saat pemerintah menerbitkan Oeang Republik Indonesia (ORI) pada 30 Oktober 1946. Menurut dia, era kedaulatan pun dimulai dari situ.

Penerbitan ORI juga menjadikan Kementerian Keuangan sebagai institusi negara yang mengelola keuangan dan kekayaan negara. Selanjutnya, pemerintah juga banyak melakukan reformasi demi mengamankan pendapatan dan belanja negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.