01/12/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Setidaknya Lebih dari 30 Masjid di Kota Ambon Masih Gelar Tarawih Berjamaah Ditengah Pandemi Covid-19

2 min read
Setidaknya Lebih dari 30 Masjid di Kota Ambon Masih Gelar Tarawih Berjamaah Ditengah Pandemi Covid-19

LajuBerita – Diketahui bahwa ketua MUI Maluku, Abdullah Latupono menyebutkan sekitar lebih dari 30 masjid di Kota Ambon masih menggelar ibadah salat tarawih.

Meski sudah berulang kali diimbau dengan beberapa anjuran yang tertera dalam fatwa MUI pusat Nomor 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Wabah Covid-19, namun seperti terabaikan. Warga muslim di Kota Ambon mengabaikan terhadap imbauan-imbauan tersebut.

“Seperti yang kita ketahui, wabah ini juga sudah ada sejak zaman Nabi. Meski tidak seganas sekarang ini, harusnya ini menjadi dasar pengetahuan bagi umat Islam agar lebih banyak dari kita semua berdiam diri di rumah termasuk pelaksanaan ibadah,” kata Latupono seperti dilansir LajuBerita.news.

Latupono juga mengaku pihaknya telah melakukan sosialisasi pedoman yang akan melakukan ibadah bulan suci Ramadhan di rumah selama masa virus Corona, sesuai yang diterbitkan oleh Kementrian Agama (Kemena) Pusat.

Tentu saja agar lebih mempermudah warga kota dalam pelaksanaan ibadah.

Baca Juga : 20 Juta Masker Kain Akan Dibagikan Anies, Gratis ke Warga Jakarta.

Dia menyadari semangat umat Islam dalam menyambut bulan suci Ramadan tidak bisa dipungkiri namun harus dibarengi dengan pengetahuan yang luas tentang situasi Covid-19 saat ini.

Mengingat masa inkubasi Covid-19 mencapai minggu ke 10 hingga 11, sementara Maluku baru masuk minggu ke 6 dan jumlah kasus Covid-19 terus meningkat.

Perlu adanya kesadaran penuh dari warga agar mampu mematuhi peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam mengupayakan ini.

Dia juga menambahkan penjelasannya mengenai fatwa yang dikeluarkan MUI sudah melalui pertimbangan panjang secara matang dengan ulama-ulama dan para ahli agama.

Setidaknya Lebih dari 30 Masjid di Kota Ambon Masih Gelar Tarawih Berjamaah Ditengah Pandemi Covid-19

Adapun anjuran ini juga hanya bersifat sementara, yang terpenting saat ini adalah mencegah penyebaran hingga Ambon bisa segera terbebas dari Covid-19 dan masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

“Ini penting, tujuan Allah SWT mensyariatkan aturan agama kepada kita itu salah satu tujuannya untuk kemaslahatan umat,” tambahnya.

“Salah tarawih, salat berjamaah juga kan sunnah. Jadi, yang terpenting untuk sementara waktu dimana Covid-19 ini tetap berlanjut, diimbau untuk semua aktivitas itu dilakukan di rumah dulu,” tutupnya.

Untuk menindaklanjuti keadaan ini, pihaknya akan menyurati ke MUI Kota Ambon untuk segera berkoordinasi dengan Pemkot agar imbauan ini terus digaungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.