23/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Sejumlah Wilayah di Solo Terendam Banjir Akibat Diguyur Hujan Selama Dua Hari

2 min read
Sejumlah Wilayah di Solo Terendam Banjir Akibat Diguyur Hujan Selama Dua Hari

Sejumlah Wilayah di Solo Terendam Banjir Akibat Diguyur Hujan Selama Dua Hari

Laju Berita – Hujan deras yang melanda kota Solo dua hari terakhir, membuat sejumlah wilayah di Kota Solo dan sekitarnya tergenang banjir. Kondisi tersebut diperparah dengan tingginya volume air di Sungai Bengawan Solo.

Ada juga beberapa kota, seperti juga yang terjadi di Sukoharjo sejak Minggu sore dan juga di desa Pandeyan, Kecamatan Polokarto Sukoharjo. Derasnya hujan disertai volume air yang semakin tinggi dan tak terkendali membuat tanggul desa sungai sempat jebol. Hal itu membuat air merembet masuk sampai ke pemukiman warga.

Sementara itu juga yang terjadi di Kota Solo, sedikitnya 50 kepala keluarga (KK) di Kampung Putat RT 03 /RW 02, Kelurahan Sewu, Jebres terpaksa harus mengungsi ke daratan tinggi. Di kampung pinggir Bengawan Solo itu, air yang telah merendam hingga ketinggian 1,5 meter sampai ke ruas jalan pada Senin (14/12) pukul 01.00 WIB. Hal tersebut yang terjadi karena adanya backwater, air dari kota yang tidak bisa masuk ke Sungai Bengawan Solo.

Baca Juga : Ratusan Massa Protes Atas Penahanan Habib Rizieq Shihab

“Dari Minggu siang sampai malam curah hujan tinggi di wilayah hulu membuat Sungai Bengawan Solo naik,” ujar Lurah Sewu, Iwan Murtanto.

Menurut Iwan juga, air yang mengalir dari Sungai Bengawan Solo mulai naik dan masuk kampung pada Minggu pukul 21.00 WIB. Warga masih tetap bertahan di rumah karena ketinggian air belum masuk rumah. Namun dinihari sekitar pukul 00.30 WIB air naik sekitar 1,5 meter. Sehingga ada 50 rumah yang kemasukan air dan terpaksa harus mengungsi,” jelas dia.

Iwan juga menjelaskan, adanya warga yang terkena banjir tersebut, selama ini masih nekat tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Bengawan Solo. Mereka juga tidak mau direlokasi Pemkot Solo dengan berbagai alasan.

“Setelah air yang meninggi, warga mulai melakukan evakuasi secara massal ke atas tanggul. Evakuasi warga dibantu BPBD (Badan Penaggulangan Bencana Daerah) Solo serta ditolong sukarelawan,” pungkas dia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.