24/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

RS Italia Menggunakan Robot Untuk Membantu Staf Medis dan Pasien Covid-19

2 min read
RS Italia Menggunakan Robot Untuk Membantu Staf Medis dan Pasien Covid-19

LajuBerita – Rumah sakit di Italia menggunakan tenaga robot untuk membantu kinerja staf medis dalam merawat pasien virus Corona Covid-19.

Saat ini sudah ada enam unit robot di Rumah Sakit Circolo,Varese,yang mirip seperti manusia dan berjalan di atas roda.

Beberapa robot berwarna putih dan mempunyai layar serta berbagai sensor layaknya seperti tugas kepala manusia,dan robot lainnya lebih terlihat sederhana dan seperti sapu hitam di atas roda.

Salah satu robot yang bertugas untuk membantu dokter menangani pasies Covid-19 bernama Tommy.

Direktur Unit Perawatan Intensif Rumah Sakit Circolo mengatakan,”Ini seperti memiliki perawat lain tanpa masalah dengan infeksi”.

Robot yang seukuran anak dengan mata besar yang berkedip ini ditempatkan di kamar rawat inap, dan ditinggalkan di samping tempat tidur pasien. Dengan begitu dokter bisa menjaga pasien lain yang dalam kondisi lebih serius.

Baca Juga : Personel Polri Siap Antisipasi Jika Terjadi Penjarahan Selama PSBB Diberlakukan.

Robot ini bisa membantu mengukur detak jantung, frekuensi pernapasan, saturasi oksigen dalam darah, dan juga mekanis pernapasan.

Wajah Tommy yang berupa layar sentuh membuat pasien bisa merekam pesan dan mengirimnya ke dokter.

Tommy dan rekan-rekan robotnya juga punya keunggulan yakni tidak bisa lelah. Baterainya cepat diisi dan mereka bisa kembali bekerja.

Dan yang terpenting adalah Tommy dan koleganya yang berteknologi tinggi ini memungkinkan rumah sakit membatasi kontak langsung antara dokter dan perawat dengan pasien, sehingga mengurangi risiko infeksi.

“Dengan kemampuanku, staf medis dapat berhubungan dengan pasien tanpa kontak langsung,” ungkap robot Tommy ke wartawan. Robot itu dinamakan Tommy sesuai nama anak laki-laki dari seorang dokter.

Dr Gianni Boneeli Direktur Rumah Sakit mengatakan”Dokter dan perawat telah terpukul keras oleh virus ini. Fakta bahwa robot ini tidak dapat terinfeksi adalah pencapaian yang luar biasa.

Para petugas medis kini bisa melakukan pemantauan di layar komputer dari ruangan terpisah.

Robot juga membantu rumah sakit membatasi jumlah masker dan baju hazmat yang harus digunakan staf.

Untuk saat ini mereka (Robot) adalah sumber daya yang langka,” terang Dr Gianni Bonelli, direktur rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.