24/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Presiden Jokowi Vaksin Corona: Vaksin Gratis Urusan Menkes, Yang Bayar Urusannya BUMN

2 min read
Presiden Jokowi Vaksin Corona: Vaksin Gratis Urusan Menkes, Yang Bayar Urusannya BUMN

LajuBerita – Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah akan mendistribusikan vaksin virus Corona (COVID-19) dengan dua cara, gratis dan berbayar.

Untuk vaksin gratis, komandonya akan berada langsung di bawah Kementerian Kesehatan.

Dia menyatakan untuk vaksin berbayar akan menjadi tanggung jawab Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurut Jokowi, hal ini harus dibahas secara matang agar pertanggungjawaban terkait vaksin virus corona menjadi jelas.

“Kalau menurut saya, untuk vaksin yang gratis untuk rakyat, itu urusannya Menkes (Menteri Kesehatan). Untuk yang mandiri, untuk yang bayar, itu urusannya BUMN,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara virtual, Senin (19/10).

Dia mengatakan rencana pengadaan vaksin Covid-19 harus diatur dengan jelas. Sehingga, tidak timbul masalah dalam pelaksanaan vaksinasi.

Baca Juga : Pollycarpus Meninggal Dunia Akibat Positif Virus Corona 16 Hari.

“Perlu pelatihan, jangan dianggap enteng, ini bukanlah hal mudah. Pelatihan membawa vaksin, menempatkan vasin, ini karena jumlahnya banyak,” terang Jokowi.

Untuk itu, dia ingin agar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia dilibatkan dalam menyimpan dan mendistribusikan vaksin. Organisasi itu diharapkan bisa memberikan pelatihan, sehingga ada standarisasi yang jelas dalam menyimpan dan mendistribusikan vaksin.

“Hati-hati, ini bukan barang mudah. Setelah saya pelajari ini tidak mudah,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir menyatakan harga vaksin Covid-19 sekitar Rp200 ribu. itu adalah harga vaksin yang bahan bakunya berasal dari Sinovac.

Honesti menyatakan biaya pengiriman tiap dosisnya sekitar US$2. Honesti menjelaskan dalam surat resmi yang disampaikan oleh Sinovac, ada beberapa faktor penentu harga vaksin Covid-19.

Salah satu faktornya adalah bergantung investasi pada studi klinis fase 3 terutama dalam uji efikasi dalam skala besar. Begitu juga di Indonesia, sehingga skema pemberian harga vaksin Corona ini tidak sama di tiap negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.