26/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Presiden Jokowi Batal Ajukan Banding Kasus Blokir Internet Papua

2 min read
Presiden Jokowi Batal Ajukan Banding Kasus Blokir Internet Papua

LajuBerita – Presiden Joko Widodo membatalkan banding atas putusan PTUN Jakarta yang memvonis pemerintah melanggar hukum perlambatan internet di Papua pada Agustus 2019.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan pemerintah menghormati keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang memutus Presiden RI dan Menkominfo melanggar hukum dalam kasus pemutusan koneksi internet di Papua tahun 2019.

“Presiden sudah memutuskan untuk tidak mengajukan banding,” kata Staf Khusus Presiden bidang Hukum Dini Purwono, Sabtu (20/6/2020).

Dini menjelaskan tidak ada lagi substansi yang harus diperdebatkan. Pemerintah saat ini fokus menangani pandemi virus Corona.

“Karena memang tindakan-tindakan yang dinyatakan sebagai Perbuatan Melawan Hukum dalam keputusan PTUN tersebut memang sudah dihentikan oleh pemerintah.

Baca Juga : Ulang Tahun Jokowi, Tagar #TangkapMegaBubarkanPDIP Jadi Trending, Ada Apa?

Jadi tidak ada lagi substansi yang harus diperdebatkan. Konsentrasi pemerintah pada saat ini lebih baik diarahkan kepada hal-hal yang lebih penting, terutama terkait situasi pandemi COVID-19,” tuturnya.

Sebelumnya PTUN memvonis Presiden dan Menkominfo yang telah melakukan pelanggaran hukum atas pemblokiran internet di Papua. Pemblokiran internet tersebut dilakukan pada Agustus 2019 lalu menyusul kerusuhan yang terjadi karena aksi demonstrasi di Papua dan Papua Barat.

“Menyatakan tindakan pemerintah yang dilakukan tergugat I dan II adalah perbuatan melanggar hukum,” kata Hakim Ketua Nelvy Christin dalam sidang pembacaan putusan, Rabu(3/6/2020).

Pihak tergugat I adalah Menteri Komunikasi dan Informatika, sedangkan tergugat II adalah Presiden Jokowi. Majelis hakim menghukum tergugat I dan II membayar biaya perkara sebesar Rp 457.000

Belakangan Ketua Umum AJI Abdul Manan selaku penggugat menerima surat dari PTUN yang memberitahukan pemerintah mengajukan banding.

Abdul Manan menerima dua surat yang masing-masing memberitahukan bahwa Presiden Jokowi dan Menkominfo mengajukan banding. Surat ditandatangani oleh Panitera Muda Perkara PTUN Jakarta Sri Hartanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.