23/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Pilkada 2020 Ditunda, Jadwal Baru Ditentukan Setelah Virus Corona Reda

2 min read

Laju Berita – Sebelum menentukan jadwal pelaksanaan Pilkada selanjutnya, Mentri Dalam Negri ( Mendagri ) Tito Karnavian mengambil keputusan akan melihat perkembangan penanganan Pandemi virus Corona terlebih dahulu.

Tito menjelaskan dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan,Selasa ( 31/3/2020 ) malam.”Jadwal baru pelaksanaan Pilkada sangat tergantung pada kondisi perkembangan status Covid-19 di Indonesia dan juga di 270 daerah peserta Pilkada 2020,” ujarnya.

Tito mengatakan. Yang menjadi fokus Kemendagri saat ini adalah memobilisasi sumber daya nasional dan daerah untuk mengantisipasi dampak buruk akibat penularan Covid-19.

“Bila perang melawan Covid-19 ini selesai, maka saya dan teman-teman di DPR, KPU, Bawaslu dan DKPP akan bertemu lagi untuk urun rembug menentukan jadwal pelaksanaan Pilkada 2020 (yang saat ini ditunda),” tegas Tito.

BACA JUGA : Jokowi Akan Gratiskan Tagihan Listrik, Akibat Wabah Virus Corona

Sementara itu, melihat hasil kesepakatan bersama antara Kemendagri, KPU, Bawaslu, Komisi II DPR dan DKPP soal penundaan pilkada serentak 2020, Tito langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

“Utamanya dengan Sekretariat Negara. Untuk mulai menyusun Perppu Pilkada 2020 sebagai perubahan atas UU 10/2016 yang mengatur Pilkada 2020,” Terang Tito.

Diberitakan, Komisi II DPR bersama KPU dan Kemendagri sepakat menunda penyelenggaraan Pilkada 2020.

Kesepakatan penundaan itu diputuskan dalam rapat kerja Komisi II dengan Mendagri Tito Karnavian. Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, dan Plt Ketua DKPP Muhammad di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Pilkada Serentak yang sedianya digelar pada 23 September 2020 ini ditunda karena pandemi virus Corona Covid-19 yang mewabah di dalam negeri.

Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa saat dihubungi wartawan,Senin (30/3/2020),Mengatakan. “Salah satu poinnya melakukan penundaan tahapan Pilkada 2020 yang berakibat pada penundaan pelaksanaan pemungutan suaranya serta tahapan lainnya,”

Adapun Pilkada 2020 rencananya diselenggarakan di 270 wilayah di Indonesia meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.