19/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Pesepeda Akan Dipidana 15 Hari Jika Tidak Menggunakan Jalur Khusus

2 min read
Pesepeda Akan Dipidana 15 Hari Jika Tidak Menggunakan Jalur Khusus

LajuBerita – Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro mengingatkan untuk para pesepeda menggunakan jalur yang khusus di buat untuk bersepeda atau pop up bike line. Jika melanggar mereka terancam pasal pidana.

“Pesepeda yang tidak mengikutin aturan gunakan jalur sepeda yang sudah disediakan, ada ancaman hukuman, yaitu Pasal 299 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Ancaman pidananya denda Rp 100 ribu atau kurungan 15 hari,” kata Kombes Sambodo saat memberikan keterangannya di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, melalui siaran pers diterima, Kamis (18/7/2020).

Tetapi, lanjut Kombes Sambodo, ancaman pidana tidak berlaku jika tidak disediakan jalur sepeda.

“Jika bukan di jalannya tidak ada marka sepeda dan pesepeda jalurnya di luar itu, maka tidak terancam pidana tersebut,” terang dia.

Baca Juga : Setubuhi Pelajar 14 Tahun, Remaja 16 Tahun Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara.

Sambodo menegaskan, ancaman pidana ini dibuat bukan untuk menakuti masyarakat. Namun, sebagai bentuk keselamatan agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas antar sesama sepeda atau kendaraan bermotor lainnya di jalan raya.

“Karena kalau sampai terjadi kecelakaan di luar jalur yang sudah ada pop up bike line, belum tentu kendaaraan yang nabrak yang salah, kita lihat dulu siapa tahu pesepedanya yang salah, bisa saja. Mohon ini jadi perhatian betul dalam memanfaatkan jalur khusus sepeda ini,” Kombes Sambodo menandasi.

Berlaku di Sudirman-Thamrin

Sebagai informasi, pop up bike line saat ini sudah berlaku di ruas utama Jalan Jakarta, Sudirman-Thamrin dengan panjang jalur 7 KM di kedua arahnya.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga telah menetapkan jam operasional pop up bike line selama hari kerja, mulai pukul 06.00 hingga 08.00 WIB. Kemudian untuk sore hari pada pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

Sedangkan di hari Sabtu, pemberlakuaan hanya dilakukan mulai pukul 10.00 WIB dan sore harinya pukul 16.00 hingga 19.00 WIB malam.

Untuk hari Minggu, saat ini Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta masih mengkaji, pemberlakuan waktu terkait, mengingat di pagi harinya sudah akan dimulai kembali Car Free Day.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.