16/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Permintaan Penjelasan Pemerintah Tentang Fungsi Pembungkusan Jenazah Positif Corona

2 min read
Permintaan Penjelasan Pemerintah Tentang Fungsi Pembungkusan Jenazah Positif Corona

LajuBerita – Romanus Ndau selaku Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) mendesak pemerintah untuk menjelaskan secara gamblang mengenai penyebaran virus Corona atau Covid-19 dari Jenazah korban meninggal akibat pandemi tersebut.

Menurut Romanus imbas dari kurangnya pemahaman yang jelas terkait penyebaran virus tersebut melalui orang yang sudah meninggal sekalipun membuat banyaknya kasus penolakan warga untuk menguburkan korban yang meninggal akibat virus Corona.

“Di Sulawesi Utara yaitu Kendari, ada keluarga korban yang nekad mengambil paksa Jenazah keluarganya dan membuka plastik pembungkus Jenazah yang telah disediakan RS. Sedang dari Medan Sumatera Utara juga ada kasus terdapat Jenazah salah satu pejabat Pemkot yang di telantarkan.” Papar Romanus.

“Menurut pandangan saya, peristiwa semacam ini bisa saja terulang karena kurang pahamnya masyarakat mengenai potensi penyebaran Corona ini melalui orangyang sudah meninggal” lanjut Romanus.

Tak hanya kekurang pahaman warga, Romanus juga ikut mempertanyakan fungsi plastik pembungkus yang disediakan Rumah Sakit kepada korban meninggal akibat virus Corona.

“Fungsi plastik pembungkus itu sebenarnya untuk apa? Apakah fungsinya agar mayat steril dan tak berpotensi menyebarkan virus Corona ke orang lain atau bagaimana?”

Baca Juga : Kabid Dinkes Bogor Meninggal Dunia, Karena Positif Corona.

“Bila memang seperti itu, tentunya tidka masuk akal apabila Jenazah korban Corona langsung dimakamkan yang akhirnya menghilangkan hak keluarga untuk mendoakan dan memakamkannya” tambah Romanus.

Menurut Romanus rasa ketakutan warga akan virus Corona ini adalah karena kurang pahamnya mereka. Akan bahaya penyebarannya pada orang yang sudah meninggal atau tidak?

Namun Romanus merasa optimis kalau virus yang mendunia ini akan berakhir dalam beberapa pekan ke depan.
Karena menurut pandangannya pemerintah sudah ,engambil tindakan secara cepat dan komprehensif.

“Wajar pada bangsa besar masih terdapat kekurangan disana sini. Yang terpenting adalah untuk semua pihak dimohon agar bersabar sambil terus mengambil langkah-langkah kongkrit tentunya” ujar Romanus.

Tak hanya itu, Romanus juga meminta agar pihak-pihak propokatif jangan terus menerus menghujat upaya penanganan Covid-19 ini. Karena hal tersebut dapat melemahkan daya juang para tenaga medis.

Namun untuk pemerintah, Romanus tetap meminta penjelasan secara gamblang mengenai potensi penyebaran virus ini melalui orang yang sudah meninggal agar masyarakat paham akan hal tersebut.

“Yang terpenting dari semuanya adalah memberikan informasi akuirat dan setail tentang bahayanya Virus Corona kepada masyakarat. Termasuk di dalamnya penjelasan penyebaran melalui orang meninggal akibat virus mematikan ini.” Tutpnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.