23/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Penting ! 9 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

2 min read
5 Manfaat Rambutan Yang Jarang Diketahui Orang

5 Manfaat Rambutan Yang Jarang Diketahui Orang

LajuBerita.news,Jakarta – Salah satu kebiasan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang ketika pagi hari yaitu meminum kopi hangat. Kopi dipercaya ampuh untuk membangkitkan semangat, memunculkan energi positif dan membuat seseorang terjaga dari kantuk sehingga siap menjalani hari.

Tak hanya itu, kopi juga memiliki berbagai macam manfaat yang bukan sekedar isapan jempol. Berbagai penelitian membuktikan manfaat minum kopi pada pagi hari.

BACA JUGA : Manfaat Dari Buah Naga Saat Dikonsumsi di Pagi Hari

Dikutip dari Healthline, berikut 9 manfaat minum kopi di pagi hari.

1. Ampuh membakar lemak

Kafein yang terkandung dalam kopi berkhasiat untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Kafein dapat merangsang pemecahan lemak. Penelitian menemukan bahwa asupan kafein dapat meningkatkan laju metabolisme dan efektif untuk membakar lemak sebanyak 3-11 persen.

2. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat lain meminum kopi pada pagi hari yang tak kalah menakjubkan adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Kafein yang terkandung dalam kopi bersifat stimultan. Sehingga, minum kopi pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak, mulai dari daya ingat, kewaspadaan, kemampuan merespons sesuatu hingga meningkatkan fokus seseorang.

3. Penambah stamina dan performa fisik

Studi menunjukan bahwa minum kopi pada pagi hari juga ampuh untuk meningkatkan stamina dan performa fisik sehingga tubuh lebih siap untuk beraktivitas. Minum kopi dapat meningkatkan kapasitas fisik sampai 12 persen.

BACA JUGA : 5 Manfaat Rambutan Yang Jarang Diketahui Orang

Sifat stimultan pada kafein membantu meningkatkan adrenalin dalam darah sehingga tubuh lebih bersemangat untuk beraktivitas.

4. Mencegah alzheimer dan parkinson

Penyakit yang kerap melanda orang tua yang berusia di atas 65 tahun adalah alzheimer dan parkinson yang merupakan penyakit saraf degeneratif. Alzheimer merupakan penyakit penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara serta perubahan perilaku secara bertahap. Sedangkan parkinson adalah penyakit kerusakan sel saraf pusat.

5. Menjaga kesehatan hati

Manfaat lain dari minum kopi pada pagi hari yaitu menjaga kesehatan hati dari berbagai penyakit seperti hepatitis dan fatty liver. Pada umumnya, penyakit tersebut diakibatkan oleh sirosis atau pertumbuhan jaringan perut di hati. Hebatnya, minum kopi empat gelas per hari dapat menurunkan risiko seseorang terkena sirosis.

6. Mengatasi depresi

Sebuah penelitian Harvard menemukan bahwa seseorang yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko yang lebih rendah terkena depresi dibandingkan mereka yang bukan peminum kopi. Studi lainnya mengungkapkan bahwa seseorang yang rajin minum kopi cenderung tidak mengakhiri hidup karena depresi.

7. Mencegah diabetes

Pada umumnya, penyakit diabetes diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang. Hal ini berdampak ketidakmampuan untuk mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah. Studi menemukan bahwa mengonsumsi kopi secara rutin dengan takaran yang pas dapat menghindarkan seseorang terkena diabetes tipe-2.

8. Mengobati sakit kepala

Anda sering mengalami sakit kepala ketika bangun tidur? Kopi bisa menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut. Cukup konsumsi kopi hitam hangat ketika bangun tidur. Hal ini telah dibuktikan dari berbagai macam penelitian oleh ahli.

9. Mencegah stroke

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang mengonsumsi kopi secara rutin setiap harinya, risiko terkena stroke akan lebih rendah 20 persen dibandingkan mereka yang tidak rutin minum kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.