28/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Pemkot Surabaya Menghentikan Adanya Car Free Day Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

3 min read
Pemkot Surabaya Menghentikan Adanya Car Free Day Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

LajuBerita – Untuk mengantisipasi masuknya virus jenis baru Corona ke dalam Kota Surabaya, pemkot setuju untuk saat ini meniadakan acara Car Free Day (CFD) yang setiap hari minggu sementara waktu.

CFD biasanya berlangsung pada hari Minggu pagi di beberapa titik wilayah kota surabaya di antaranya di Taman Bungkul, Jalan Tunjungan dan Jalan Kertajaya. Kini semuanya harus dihentikan untuk sementara waktu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya Ikhsan mengatakan bahwa keputusan untuk peniadaan acara CFD sementara waktu diambil setelah melalui rapat koordinasi bersama tadi pagi.

Pada rapat bersama dihadiri oleh berbagai unsur yaitu Tim Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging RSU dr Soetomo, dinas – dinas terkait, Polrestabes Surabaya, Polres Tanjung Perak, TNI dan para camat wilayah kota surabaya.

Peniadaan acara CFD seperti ini merupakan bagian dari upaya dalam menjaga kesehatan dan keamanan masyarakat dari virus corona, tutur Ikhsan saat dijumpai oleh media di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya pada hari Jumat (13/03/2020).

Ikhsan mengatakan bahwa tim dokter yang menangani virus corona atau Covid-19 di Surabaya juga merekomendasikan agar meminimalisir kegiatan – kegiatan masryarakat yang dapat mendatangkan kerumunan massa.

Salah satunya adalah acara Car Free Day dan pihak pemkot memastikan akan terus berkoordinasi dengan mereka hingga kegiatan seperti CFD dapat dinyatakan aman.

Kami juga akan melakukan evaluasi terus menerus tentang kegiatan mana yang dapat ditunda dan kegiatan mana yang tetap dilaksanakan, ucap Ikhsan.

Hal yang sama diterangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Eko Agus Supiadi. Untuk acara Car Free Day ditiadakan sementara saat untuk melindungi warga Surabaya dan mencegah dari penularan virus corona.

Baca Juga : Hasil All England 2020, Marcus Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi ke Semifinal Usai kalahkan Wakil Malaysia.

Karena untuk meminimalisir terkait menyebarnya secara cepat penyakit Covid-19 oleh sebab itu untuk sementara waktu CFD ditiadakan sampai nanti tim dokter menyatakan aman baru dapat dilaksanakan kembali di semua titik, kata kepala DLH kota Surabaya.

Menurut Agus peniadaan acara CFD bukan yang pertama kali dilakukan Pemkot Surabaya sebab penah juga peniadaan dilakukan saat peristiwa Bom yang terjadi di Surabaya dan pada saat jelang Pilihan Presiden lalu.

Pada kesempatan yang sama Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging (Pinere) RSU dr Soetomo Surabaya, dr Soedarsono menjelaskan bahwa penularan virus jenis baru corona dapat terjadi secara tidak langsung maupun langsung.

Contoh secara yang tidak langsung yaitu ketika seseorang berbicara maka secara tidak sengaja dapat mengeluarkan percikan air liur yang kemudian jatuh ke tempat sekitar.

Dari air liur yang jatuh tersebut secara tidak sengaja kemudian bisa terpegang oleh orang di sekitar dan orang itu tanpa tidak sadar mencuci tangan setelah menyentuhnya, kata dr Soedarsono.

Sementara penularan langsung bisa saja terjadi disaat seseorang berbicara dengan jarak yang dekat dan kemudian percikan air liurnya mengenai orang di sekitarnya karena itu pihaknya mengimbau agar meminimalisir interaksi di tengah – tengah kerumunan massa.

Kita kan tidak tahu apakah di kerumunan massa itu ada yang sedang sakit atau tidaknya dan memang kenyataan sampai saat ini wilayah surabaya masih negatif ataupun tidak ditemukan (virus corona), kata dr Soedarsono.

dr Soedarsono berpesan kepada seluruh masyarakat dan khususnya warga Surabaya agar tidak panik dan perlu cemas terhadap virus corona, meskipun di Surabaya masih belum ditemukan kasus Virus Corona sehingga masyarakat juga harus tetap waspada secara proporsional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.