23/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Pemerintah Antisipasi Gelombang PHK Di Tengah Pandemi Corona

2 min read
Pemerintah Antisipasi Gelombang PHK Di Tengah Pandemi Corona

Pemerintah Antisipasi Gelombang PHK Di Tengah Pandemi Corona – Anggota komisi IX DPR RI meminta pemerintah untuk mengantisipasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara besar-besaran di tengah pandemi virus Corona di Indonesia.

“Terjadinya PHK dan meningkatnya pengangguran di Indonesia memang adalah merupakan konsekuensi dari merebaknya virus Corona di Indonesia. Kemudian disusul juga dengan beberapa kebijakan pemerintah yang memang berdampak secara ekonomis pada para buruh dan tenaga kerja kita,” kata Saleh saat dikonfirmasi¬†Okezone, Selasa (14/4/2020).

Dari data yang telah diterima oleh Saleh, sudah ada 1,5 juta buruh serta pekerja yang dirumahkan dan sudah sebesar 10 persen dari buruh tersebut, ternyata sudah resmi di PHK.

Dari data yang telah di dapat maka dari itu politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu meminta pemerintah segera mengantisipasi potensi adanya PHK susulan secara besar-besaran, dalam beberapa bulan kedepan akibat virus Corona ini.

( Baca Juga : Masalah Corona Di Indonesia Belum Mencapai Puncaknya )

Ia mengusulkan agar pemerintah membuka ruang diskusi antara pengusaha dan pekerja untuk mencari solusi dalam menekan pemutusan hubungan kerja. Hal itu, penting dilakukan agar tidak terjadi keterpurukan kondisi sosial di tengah pandemi Covid-19.

Pemerintah Antisipasi Gelombang PHK Di Tengah Pandemi Corona

“Langkah yang bisa dilakukan pemerintah yaitu memang sejak awal harus mencegah terjadinya PHK itu penting sekali dilakukan. Oleh karena itu perlu, pertama harus ada pembicaraan trilateral antara pihak pekerja, pemerintah, dan juga pengusaha,” ujarnya.

Adapun langkah atau ide yang diberikan Saleh kepada pemerintah yaitu, dengan mengurangi jam kerja bagi para buruh dan konsekuensi gajinya juga dipangkas.

“Atau bisa juga mengurangi gaji dari para direksi yang kedudukannya tinggi di perusahaan itu. Sehingga itu bisa membantu menalangi anggaran biaya yang ada di dalam perusahaan,” kata Saleh.

Semoga Pemerintah antisipasi gelombang PHK secara besar-besaran dan dapat mendapatkan saran ataupun keputusan yang bijak agar angka pengangguran di Indonesia tidak semakin banyak di tengah pandemi Corona ini,”ujar Saleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.