24/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Pembongkaran Lambung Kapal Titanic Sudah Mendapatkan Izin, Apa yang Paling Dicari?

2 min read
Pembongkaran Lambung Kapal Titanic Sudah Mendapatkan Izin, Apa yang Paling Dicari?

LajuBerita – Setelah sekian lama akhirnya pihak yang berwenang setuju untuk membuka lambung dari bangkai RMS Titanic yang sudah lama tenggelam.

Seperti yang diketahui, kapal legendaris yang sudah tenggelam cukup lama akibat menabrak gunung es pada 1912.

Seperti yang diketahui ada 1.500 penumpang Titanic yang tewas dalam tragedi tersebut. Sejak tragedi tersebut bangkai kapal masih menarik perhatian khalayak, diantaranya para ilmuwan dan pencari harta.

Pembongakaran kapal akan dilakukan guna mengambil barang berharga yang masih terdapat di dalam kapal selama lebih dari seabad. Bukanlah perhiasan barang berharga yang dimaksud, melainkan telegraf nirkabel (radiotelegraphy) Marconi yang asli.

Telegraf nirkabel adalah alat yang diciptakan Guglielmo Marconi yang berguna untuk mengirimkan kode Morse tanpa menggunakan kabel. Pada masanya, alat ini sempat menuai cemoohan orang-orang.

Saat itu yang diketahui orang-orang bahwa gelombang radio hanya bisa diterima dalam jarak pendek. Namun di tahun 1901, Marconi berhasil membuktikan keberhasilannya mengirimkan pesan dari Inggris ke Canada. Sehingga membuat alat tersebut mulai populer. Tegeraf ini kemudian ditempatkan di Titanic.

Baca Juga : Bukan Minal Aidin, Pria di Bandung Tewas Ditusuk Teman Sendiri saat Idul fitri.

Dengan ditemukannya telegraf ini diharapkan bisa terbukanya pesan peringatan yang terlewat dan panggilan darurat yang dikirim dari kapal.

Hakim yang mengizinkan pembongkaran Titanic, Rebecca Beach Smith menuliskan kalau perangkat ciptaan Marconi memiliki nilai sejarah, pendidikan, ilmiah dan budaya yang signifikan sebagai alat yang digunakan untuk membuat pesan atau panggilan darurat ketika Titanic mengalami musibah.

Telegraf Marconi ini juga menyimpan kisah kepahlawanan operator mesin yang masih terus bekerja mengirimkan pesan hingga akhirnya terdapat 705 orang penumpang yang selamat.

Atas hal tersebut membuat telegraf nirkabel ciptaan Marconi ini layak diangkat dari lautan sebelum akhirnya benar-benar rusak. Namun demikian, rencana pembongkaran kapal tersebut masih menuai protes dari beberapa pihak.

Salah satu pihak yang melakukan protes adalah The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Alasan penolakannya adalah kapal Titanic telah menjadi situs pemakanan yang besar sekaligus monumen tragedi sehingga orang-orang perlu menghormatinya.

Untuk kepastian pembongkaran kapal sampai sekarang belum bisa dipastikan. Mengingat pembongkaran tersebut tentu akan membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.