21/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Pelayanan Pembuatan SIM Gratis Mulai 1 Juli 2020

2 min read

Laju Berita – Pelayanan pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) baru dan perpanjangan gratis mulai 1 Juli 2020. Pelayanan pembuatan maupun perpanjangan SIM ini khusus Sim A dan C.

Pelayanan pembuatan baru dan perpanjangan gratis berlaku kepada SIM warga yang lahir pada 1 juli. Tapi kewajiban PNBP tetap dibayarkan.

Informasi ini dibagikan lewat akun twitter @TMCPoldaMetro pada Sabtu 20/06. Pelayanan ini dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo membenarkan informasi yang dibagikan lewat akun Twitter tersebut.

Untuk lahir tanggal 1 Juli, kata Sambodo saat dikonfirmasi Sabtu 20/06.

BACA JUGA : Viral Video Bugil Wanita Diduga Warga Sumenep

Untuk warga yang ingin mengikuti pelayanan ini diminta untuk mendaftar terlebih dulu pada 25-30 Juni 2020. Pelayanan ini dibatasi dengan pembuatan SIM baru 200 orang, sementara perpanjangan SIM 300 orang.

Warga juga harus melengkapi persyaratan untuk mengikuti pelayanan ini. Adapun syarat-syaratnya yaitu e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus tes ujian teori dan praktek, dan SIM asli (untuk perpanjangan).

Meskipun begitu, masyarakat tetap harus membayar biaya cek kesehatan dan asuransi dalam proses pembuatan SIM tersebut.

Merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP, biaya pembuatan SIM A sebesar Rp120 ribu. Kemudian, SIM C sebesar Rp100 ribu dan SIM D sebesar Rp50 ribu.

Untuk pendaftaran dan pelayanan diselenggarakan di Satpas PMJ, Jalan Daan Mogot KM 11, Jakarta Barat. Pelayanan tetap memberlakukan protokol kesehatan Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.