22/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Pasien Covid-19 Sembuh dan Dipulangkan di Lumajang Meninggal Dunia di Rumah

2 min read
Pasien Covid-19 Sembuh dan Dipulangkan di Lumajang Meninggal Dunia di Rumah

LajuBerita – Pasien Corona di Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang meninggal dunia di rumahnya setelah dinyatakan sembuh dan dipulangkan untuk observasi dan isolasi mandiri pada Jumat 17 April 2020. Sebelumnya pasien tersebut di rawat di RSUD dr Haryoto, Lumajang.

Pasien tersebut dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19 namun sempat dinyatakan sembuh oleh tim dokter penanganan Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) sehingga pasien dapat di pulangkan. Pemulangan pasien pun dilakukan setelah hasil pemeriksaan swab keluar dan dinyatakan negatif.

Tak hanya sekali pemeriksaan swab, pasien tersebut bahkan dilakukan 2 kali pemeriksaan swab dan kedua hasil tes nya dinyatakan negatif sehingga dibolehkan pulang.

Instruksi dari Rumah Sakit, pasien tersebut harusnya menjalani observasi dan isolasi mandiri selama 1 minggu setelah keluar dari rumah sakit.

Namun saat masih 2 hari tinggal dirumah, pasien yang diketahui berjenis kelamin laki-laki itu meninggal dunia.

Thoriqul Haq selaku Bupati Lumajang membenarkan berita tersebut, baik melalui akun facebook pribadinya maupun ketika di wawancarai wartawan Lumajang pada Jumat 17 April 2020.

Baca Juga : Dikira Burung, Anak 14 Tahun Tewas Terkena Senjata Angin, Pelaku Nyerahkan Diri.

Thoriq menceritakan riwayat perjalanan sakit pasien itu sampai meninggal dunia. Lelaki itu menjalani perawatan di RUS dr Haryoto. Diawal masa menjalani isolasi di RS, pasien tersebut menjalani pemeriksaan swab.

Dan hasil pemeriksaan menunjukkan hasil positif. Sehingga pasien dirujuk untuk isolasi dan dilakukan perawatan di RSUD dr Haryoto selama 14 hari.

Setelah dilakukan isolaso selama 14 hari, petugas melakukan pemeriksaan swab kembali. Spesimen pasien itu dikirimkan ke Balai Besar Laboratorium Kementrian Kesehatan di Surabaya. Dan hasil dari swab tersebut adalah negatif.

“Setelah di swab hasilnya negatif dan tak hanya sekali, swab dilakukan sebanyak 2 kali dan hasilnya tetap negatif, sehingga pasien dinyatakan sembuh” kata Thoriq.

Setelah hasil swab kedua juga negatif, maka tim medis melakukan prosedur selanjutnya sesuai protokol penanganan Covid-19.

Pasien dipulangkan dan menjalani masa isolasi mandiri di rumah selama 1 minggu. Adapun isolasi manadiri ini dilakukan untuk observasi.

“Prosedur sesuai dengan protokol yang diberikan sudah kami lakukan dengan betul, namun setelah 2 hari pulang kami mendapatkan kabar kalau yang bersangkutan meninggal dunia” tambah Thoriq.

Oleh karena itu, Thoriq mewakili Pemkab dan masyarakat Lumajang menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya pasien ayng bersangkutan. Sedangkan pemakamannya juga dilakukan memakai protokol keamanan pemakaman jenazah Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.