21/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Militer China Gelar Latihan Serentak Di Empat Perairan

2 min read

Laju Berita – Militer China mengelar kembali lima latihan militer secara bersamaan di empat tempat perairan berbeda. Ini adalah kedua kalinya dalam dua bulan terakhir. China menggelar latihan militer serentak ditengah meningkatnya ketegangan kawasan.

Seperti berita Reuters, Selasa 29/09/2020, latihan militer itu digelar secara serentak mulai senin waktu setempat. Otoritas keselamatan maritim dalam pemberitahuannya menyatakan dua latihan di antaranya digelar didekat kepulauan Paracel di perairan laut China Selatan yang menjadi sengketa.

Satu latihan lainnya digelar di perairan Laut China Timur dan ada lagi digelar di Laut Bohai wilayah utara. Dan terakhir digelar dibagian selatan Laut Kuning.

BACA JUGA : Paranormal di Cilegon Hipnotis dan Cabuli Seorang Gadis

Dalam pemberitahuan lainnya, Otoritas Keselamatan Maritim menyatakan latihan militer serentak itu juga menyertakan latihan tembak secara langsung. Latihan itu digelar mulai Senin (28/9) waktu setempat hingga Rabu (30/9) besok.

Saat latihan militer digelar, seluruh kapal dilarang memasuki area perairan yang menjadi lokasi latihan.

Dalam upaya melatih kekuatan siap tempur, China menggelar latihan militer secara berkala, namun jarang menggelar beberapa latihan militer sekaligus atau secara serentak pada waktu bersamaan.

Bulan lalu, China mengumumkan digelarnya empat latihan terpisah, mulai dari Laut Bohai ke Laut Timur dan Laut Kuning dan ke perairan Laut China Selatan yang jadi sengketa. Pakar militer China menyebutnya sebagai pengaturan latihan militer yang jarang.

Amerika Serikat (AS) mengirim pesawat mata-mata ke zona larangan terbang selama latihan militer China digelar bulan lalu. Sebagai tanggapan, China melayangkan ‘pernyataan tegas’ kepada otoritas AS.

Beberapa waktu terakhir, China dan AS berselisih soal berbagai isu, mulai dari soal Taiwan hingga pandemi virus Corona (COVID-19) dan isu perdagangan serta pelanggaran HAM. China juga diketahui secara rutin menggelar aktivitas militer di dekat wilayah Taiwan, yang dianggap sebagai bagian wilayahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.