02/12/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Virus Covid-19 Belum Akan Usai dalam Waktu Dekat

2 min read
Menurut Menteri Luar Negeri Retno Virus Covid-19 Belum Akan Usai dalam Waktu Dekat

LajuBerita – Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri menyebutkan kalau virus Covid-19 belum akan berakhir atau usai dalam waktu dekat.

Hal tersebut tentu saja sudah dilihat dari beberapa penularan di sejumlah negara yang menunjukkan peningkatan yang mengkhawatirkan.

Negara-negara yang meningkat kasus Covid-19 yang dimaksud diantaranya Rusia, India, Arab Saudi, Brazil, dan beberapa negara Afrika.

Sedangkan di beberapa negara seperti Korea Selatan dan Singapura tengah menghadapi gelombang kedua penyebaran virus Covid-19. Dan dinilai penyebaran virus Covid-19 berasal dari luar negeri (imported cases).

Menlu Retno dalam Silaturahim Pengurus Cabang Istimewa Nahdatul Ulama (PCINU) Sedunia secara virtual dari Jakarta mengatakan dari kasus di beberapa negara tersebut menunjukkan kalau virus Covid-19 masih akan belum selesai dalam waktu dekat.

Dengan mengacu data pada Organisasi Kesehatan Dunia WHO, Retno menyampaikan bahwa virus Covid-19 ini telahmenyebar ke 215 Negara dan teritori di seluruh dunia.

Baca Juga : Hanya Dalam 3 Hari, Pemkot Tangerang Catat 2.146 Pelanggar PSBB.

Penyakin baru yang disebabkan oleh virus Covid-19 telah menginfeksi 4,6 juta jiwa di seluruh dunia dengan jumlah kematian mencapai 311.000 jiwa.

Tak hanya kesehatan, dampak dari virus Covid-19 ini telah mengakibatkan perlambatan pertumbuhan ekonomi hingga ancaman adanya resesi global.

“Oleh karenanya setiap negara harus berjuang untuk memenangkan dua perang sekaligus. Perang yang pertama adalah melawan virus Covid-19 dan yang kedua adalah melawan kemunduran ekonomi atas dampak virus ini” papar Retno.

Meskipun mengalami penurunan ekonomi yang cukup tajam, Retno bersyukur melihat pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada kuartal peratama tahun 2020 ini terlihat lebih baik dibandingkan negara lain. Berdasarkan data, pertumbuhan ekonomi di Indonesia mencapai 2,97% atau sedikit melambat dibanding pada kuartal pertama 2019 yaitu 5,07%.

Sedangkan di China pertumbuhan ekominya tercatat pada minus 6,8% di kuartal pertama 2020 yang artinya terjun bebas dari pertumbuhan pada kuartal pertama 2019 yaitu positif 6,4%.

Sama halnya dengan China, Singpura juga ekonominya tumbuh melambat pada minus 2,2% dibandingkan positif 1% dan pada Uni Eropa juga tercatat menurun pada minus 2,7% dibandingkan positif 1,7% pada periode yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.