19/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Menkes: Vaksin Covid-19 Kiriman Pertama akan Diperuntulkan untuk Tenaga Kesehatan

1 min read

Laju Berita – Indonesia telah menerima 1,2 juta dosis vaksin virus Covid-19. Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menjelaskan vaksin yang datang kali ini diperuntukkan bagi tenaga medis hingga tenaga penunjang fasilitas kesehatan.


“Untuk vaksin kiriman pertama ini nanti yang akan mendapatkan sasaran adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang fasilitas kesehatan,” kata Terawan dalam siaran telecoference terkait kedatangan vaksin Covid-19, Senin (7/12).

Terawan juga menjelaskan vaksin yang tiba Minggu (6/12) malam adalah pengadaan tahap pertama sebanyak 3 juta dosis jenis Sars Cov2 yang inaktivasi. Selanjutnya, kata Terawan, vaksin akan segera dilakukan persetujuan untuk penggunaan emergency authorisation yang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan sesuai dengan saintifik dan ketentuan perundang-undangan.

Nantinya, kualitas vaksin tersebut akan dilakukan pemeriksaan. Termasuk dokumen vaksin arrival report. Selanjutnya pengisian dokumen vaksin tersebut juga dilakukan dengan lengkap dan benar sesuai dengan hasil pemeriksaan fisik vaksin.

Baca Juga : 1,2 Juta Dosis Vaksin Covid Sinovac Tiba di Indonesia

“Pemeriksaan fisik barang harus dilakukan dan teliti dan cermat sehingga kita yakin bahwa status vaksin yang diterima dalam kondisi baik. Tidak ada kemasan atau isi yang rusak dan suhu selama perjalanan atau pengiriman sesuai dengan prosedur,” ungkap Terawan.

Sementara itu, jika ada barang yang rusak atau prosedur yang tidak sesuai akan segera disampaikan kepada penyedia vaksin. Caranya melampirkan vaksin arrival reportnya.

“Biofarma telah memastikan kendaraan pendingin dalam kondisi baik. Sehingga monitoring suhu dari bandara hingga gudang vaksin bisa terjaga dengan baik prosedur operasional manajemen rantai dingin,” kata Terawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.