01/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Mendagri Memberikan Pedoman New Normal untuk Ibadah, Pernikahan, Konser, Olahraga

2 min read
Mendagri Memberikan Pedoman New Normal untuk Ibadah, Pernikahan, Konser, Olahraga

LajuBerita – Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) menerbitkan pedoman new normal yang di cantumkan dalam keputusan Mendagri Nomor 440-830 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 bagi ASN di lingkungan Kemendagri dan Pemerintah Daerah.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah menandatangani keputusan dan juga mengatur pedoman New Normal dalam penyelenggaraan acara. Seperti jika ingin beribadah, menggelar acara pernikahan, mengadakan konser hingga menggelar acara olahraga.

Ada 6 syarat yang harus dipenuhi berdasarkan Kepmen tersebut, guna menerapkan kehidupan seperti sebelum terjadinya pandemi Covid-19, yaitu:

1. Di beberapa wilayah penularan Covid-19 sudah bisa terkendali

2. Sitem kesehatan mulai dari rumah sakit sampai peralatan medis telah mampu melakukan identifikasi, pengujian, isolasi, pelacakan kontak hingga dapat melakukan karantina bagi pasien yang terinfeksi.

3. Pada wilayah dan tempat dengan kerentanan tinggi sekalipun mampu menekan resiko wabah Covid-19.

Baca Juga : Ekspor Tuna dan Lobster Asal Kota Padang Berhenti Sementara.

4. Ditempat kerja dilakukan penerapan protokol pencegahan Covid-19 melalui penerapan jaga jarak fisik (physical distancing), adanya fasilitas cuci tangan dan etika pernapasan dengan menggunakan masker.

5. Dapat mengendalikan resiko kasus dari pembawa virus yang masuk ke suatu wilayah.

6. Memberikan kesempat berpendapat, masukan dan dilibatkan dalam proses masa transisi menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Jika New Normal sudah di terapkan sesuai dengan ke-6 syarat tersebut, maka akan ada perubahan pada setiap penyelenggaraan kegiatan. Berikut beberapa protokol atas penyelenggaraan Ibadah, Pernikahan, Konser dan Olahraga sesuai keputusan Mendagri No 440-830 Tahun 2020:

1. Pertemuan dalam penyelenggaraan acara harus diatur ketat dan tunduk pada pedoman dan penerbitan izin New Normal oleh unit pemerintah daerah.

2. Harus mematuhi protokol Keselamatan Universal dan Wajib terkait pencegahan penularan virus Corona.

3. Penyelengaraan acara yang tidakmematuhi aturan atau protokol kesehatan akan di bubarkan oleh institusi di bawah komando pemerintah daerah apabila sudah di tentukan oleh pihak yang berwenang, bahwa pertemuan yang dilakukan tidak memperhatikan langkah keselamatan yang disebutkan diatas. Unit pemerintah daerah harus memberlakukan peraturan dan menetapkan hukuman atau denda maksimum bagi yang melanggar.

4. Melakukan pemeriksaan suhu tubuh di setiap area tertutup dan semi tertutup, jika di mungkinkan termasuk area terbuka di lokasi yang terdapat dua orang atau lebih yang berkumpul.

5. Di lingkungan kerja tetap melakukang kegiatan sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19:

  • Batasi jumlah orang yang masuk, berikan jarak dengan selotip terutama pada atrean.
  • Hindari kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, berpelukan dan lainnya.
  • Kurangi menggunakan uang konvensional, manfaatkan transaksi secara cashless.
  • Menyediakan saranya cuci tangan menggunakan air dan sabun cuci tangan yang berbasis alkohol.
  • Gunakan alat makan sekali pakai.

6. Acara olahraga dan konser musik diharapkan dilakukan tanpa penonton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.