27/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Masker Scuba dan Buff Tidak dapat Memberikan Perlindungan Covid-19

2 min read
Masker Scuba dan Buff Tidak dapat Memberikan Perlindungan Covid-19

LajuBerita – Menggunakan masker merupakan salah satu cara untuk menghindari penyebaran Covid-19 yang paling ampuh dan utama.

Pilihan masker buff dan scuba pun banyak digunakan masyarakat saat beraktifitas. Namun ternyata tidak semua jenis masker memiliki kemampuan filtrasi yang sama.

Dalam sebuah studi yang telah dilakukan Duke University bahwa dari 14 jenis masker yang diuji, masker buff yang biasa digunakan oleh pengendara motor hasilnya jauh lebih buruk dibandingkan dengan masker biasa. Masker jenis buff dan scuba dideteksi hanya memberikan sedikit sekali perlindungan.

PT KAI Commuter Indonesia (KCI) telah melakukan sosialisasi pada pengguna KRL agar menghindari pemakaian masker buff dan masker scuba. Dalam akun media sosial, terlihat PT KCI menjelaskan masker scuba atau buff hanya sebesar 5 persen efektif dalam mencegah risiko terpaparnya debu, virus dan bakteri.

Prof Wiku Adisasmito selaku juru bicara Satgas COVID-19, turut memberi tanggapan mengenai rencana PT KCI yang menyarankan pengguna KRL agar tidak memakai masker scuba dan masker buff.

Baca Juga : Bupati Kabupaten Serdang Bedagai Terkonfirmasi Positif Covid-19.

Pada konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Selasa 15 September Prof Wiku menyampaikan kalau masker scuba atau buff merupakan masker satu lapis dan terlalu tipis, sehingga kemungkinan tembus dan tidak bisa menyaring lebih besar. Oleh sebab itu disarankan menggunakan masker yang berkualitas.

“Para pengguna masker scuba sering sekali ditarik sampao ke dagu sehingga fungsi masker jadi tidak ada,” kata Wiku.

Prof Wiku menerangkan kalau masker kain yang bagus adalah yang berbahan katun yang 3 lapis. Masker kain berbahan katun yang memiliki 3 lapisan akan bisa menyaring partikel virus lebih baik dibandingkan jenis kain lainnya.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat mengenakan masker dengan cara yang tepat. Tidak menurunkannya sampai ke dagu agar masker yang digunakan bisa dengan efektif mencegah paparan COVID-19.

“Gunakan masker dengan cara yang tepat. Jika ingin digunakan sebagai pelindung, pakai masker dengan benar yaitu menutup area hidung sampai mulut dan dagu serta rapat di pipi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.