30/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Malaysia Memperpanjang Lockdown Hingga 12 Mei

2 min read

Laju Berita – Perdana Menteri Muhyiddin Yasin menginformasikan Malaysia kembali memperpanjang penutupan wilayah atau lockdown hingga 12 Mei. Selama periode tersebut, semua orang diharuskan untuk tetap berada di rumah untuk mengurangi pademi virus corona.

Muhyiddin mengatakan kendati penyebaran virus corona
sudah mulai melemah, namun pemerintah belum bisa mengatakan jika kondisi saat ini sudah bisa dikendalikan.

Ia mengatakan bahwa lockdown dapat diperpanjang, atau negara akan melakukan pembukaan secara bertahap, tergantung pada data Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

“Jika jumlah kasus Covid-19 menunjukkan penurunan signifikan, pemerintah bisa mengurangi pembatasan pergerakan secara bertahap di beberapa sektor termasuk sektor sosial,” kata Muhyiddin dalam sebuah konferensi pers.

Sejauh ini ia mengatakan tengah mempelajari metode sebelum roda perekonomian kembali dibuka.

BACA JUGA : Pembahasan RUU Cipta Kerja Ditunda Oleh Presiden Jokowi

“Dengan kemungkinan memperpanjang periode lockdown, pemerintah sedang mempelajari rencana pemulihan ekonomi jangka pendek dan menengah untuk memastikan kegiatan ekonomi bisa dihidupkan kembali dengan cepat di akhir lockdown,” imbuhnya.

Perpanjangan kali ini merupakan yang ketiga kali dilakukan oleh pemerintah Malaysia sejak memutuskan lockdown pada 18 Maret kemarin.

Awalnya kebijakan tersebut berakhir pada 31 Maret, namun diperpanjang selama dua pekan pada 1 April hingga 14 April. Kini pemerintah Malaysia kembali memperpanjang lockdown selama 14 hari sampai 12 Mei.

Seperti negara lain yang menerapkan lockdown, Malaysia juga hanya mengizinkan orang keluar rumah untuk belanja kebutuhan pokok, membeli obat atau makanan, dan pergi ke rumah sakit.

Polisi dan tentara ditugaskan di sejumlah ruas jalan untuk melakukan pengecekan kepada warga yang masih keluar rumah. Hanya profesi tertentu seperti polisi, petugas medis, karyawan supermarket dan restoran yang masih diperbolehkan bekerja selama lockdown.

Hingga hari ini Malaysia dilaporkan memiliki 5.603 kasus virus corona dengan total kematian sebanyak 95 korban jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.