19/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Ledakan Pabrik Bioetanol Terdengar Hingga Radius Sekitar 4KM

2 min read

Laju Berita – Ledakan yang terjadi di dalam pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero) membuat warga desa Gempolkrep, Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto berhamburan keluar rumah. Dahsyatnya ledakan tersebut terdengar hingga radius sekitar 4KM.

Efek ledakan paling dirasakan oleh warga Dusun Sukosewu, Desa Gempolkrep. Kampung ini berada tepat di sebelah timur sumber ledakan. Ledakan sendiri berasal dari tangki di bagian belakang PT Enero.

Salah seorang warga Dusun Sukosewu Heru Budi Santoso (49) mengatakan, ledakan terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Rumahnya berjarak sekitar 100 meter di sebelah selatan tangki PT Enero yang meledak.

“Begitu ledakan terjadi, sepertinya rumah ini runtuh. Ledakannya sangat keras sekali seperti bom,” kata Heru kepada wartawan di rumahnya, Senin (10/8/2020).

BACA JUGA : Antrian KRL di Stasiun Bojong Gede Bogor Padat Hingga ke Jalan

Getaran dari dua kali ledakan di pabrik Bioetanol PT Enero mengakibatkan kaca depan rumah Heru pecah. Kini istri, dua anak dan seorang mertuanya mengungsi ke rumah saudaranya sekitar 1 kilometer dari tempat tinggalnya.

Warga Desa Gempolkrep Nanang menuturkan, suara ledakan terdengar hingga radius sekitar 4 KM. Karena saat ledakan terjadi, dirinya berada di Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg.

“Suaranya mirip petir. Saya dengar dari Desa Pegerluyung sekitar 4 kilometer dari lokasi ledakan,” terangnya saat melihat imbas ledakan di Dusun Sukosewu.

Dahsyatnya ledakan dirasakan langsung oleh Saiman (64), warga Dusun Sukosewu. Rumahnya hanya sekitar 20 meter di sebelah timur tangki pabrik Bioetanol PT Enero yang meledak.

“Saya sedang salat, suara dan getaran dari ledakan sangat kencang,” tandasnya.

Pabrik bioetanol PT Enero meledak sekitar pukul 15.15 WIB. Ledakan sangat kencang terjadi dua kali. Jeda antar ledakan sekitar 3-5 menit.

Setelah ledakan, kebakaran terjadi di lokasi. Titik ledakan berada di area belakang PT Enero. Lokasi ledakan sangat dekat dengan permukiman penduduk Dusun Sukosewu.

Pasca ledakan, warga mengungsi menjauh dari lokasi. Sejumlah mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.