21/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Kulit Manggis Dapat Tangkal Covid-19

2 min read
Kulit Manggis Dapat Tangkal Covid-19

LajuBerita – Dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) melakukan penelitian senyawa ekstrak kulit manggis.

Modifikasi senyawa tersebut diteliti menggunakan metode komputasi, dan hasilnya ternyata memiliki aktivitas antivirus terhadap sebuah protein pada virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

“Selanjutnya akan diuji laboratorium menggunakan reseptor dari virus Corona,” ujar Wakil Dekan Fakultas Farmasi Unpad Muchtaridi, Kamis, 15 Oktober 2020.

Menurut Muchtaridi, saat ini pihaknya tengah memesan isolat reseptor atau protein target virus Corona dari Cina. Protein MPro adalah yang jadi target mereka dari sekian banyak protein dalam virus Corona.

Karena protein MPro tersebut dalam genom virus menjadi pembelah (protease) utama dari dua poliprotein yang saling tumpang tindih hingga menjadi 16 protein struktural dan non-struktural.

Penangkal yang akan disodorkan untuk mencegah proses virus di dalam tubuh adalah senyawa alfa mangostin yang berasal dari ekstrak kulit buah manggis.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Tetap Sehat Di Dalam Kantor.

“Karena dia punya aktivitas anti-inflamasi (radang) dan antioksidan yang kuat,” kata Muchtaridi. Menurutnya senyawa yang punya sifat antioksidan punya kemungkinan sanggup menangkal efek buruk virus.

Studi awalnya dikerjakan tim mahasiswanya, yaitu Syahrul Hidayat dan Kelvin Fernando Pratama, serta Namira Assyfa Nuazizah mahasiswi Pendidikan Dokter Unpad dengan metode komputasi. Mereka memodifikasi senyawa alfa mangostin untuk memperbaiki sifat-sifatnya yang kemudian dinamakan senyawa FKS9.

Hasil studi tersebut menjadi kampiun di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Online Tingkat Nasional 2020 pada kategori Kesehatan dan Medis yang digelar Universitas Brawijaya pada Mei-September lalu.

“Untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik studi ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut di laboratorium,” kata Syahrul.

Penelusuran tim UNPAD soal khasiat senyawa alfa mangostin berasal dari hasil penelitian sebelumnya. Senyawa hasil isolasi kulit buah manggis ini diketahui juga memiliki aktivitas antivirus yang mirip dengan Nelfinavir.

Obat anti-HIV tersebut ikut digunakan untuk mengobati pasien Covid-19. Aktivitas Nelfinavir pada SARS-CoV-2 berperan menghambat pertumbuhan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.