25/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Kementrian Kesehatan Anjurkan Sholat Idul Fitri Dirumah Saja

2 min read

Laju Berita – Pandemi virus Corona masih berada di Indonesia. Data menunjukan bahwa COVID-19 masih pada situasi meningkat di berbagai daerah. Sebanyak 19.189 orang terkonfirmasi positif Corona, Kamis (21/5).

Namun demikian, berdasarkan data kasus baru sebelum dan sesudah PSBB, belum terdapat informasi yang menggembirakan. Terdapat daerah dengan penambahan kasus baru turun konsisten tetapi tidak drastic. Ada juga daerah yang penambahan kasusnya tidak berubah seperti sebelum PSBB.

Sholat Idul Fitri sebentar lagi akan dilaksanakan bagi umat Muslim. Meskipun sholat Idul Fitri hukumnya sunnah muakkadah (Sunnah yang dikuatkan), namun ketika ditinggalkan akan meninggalkan rasa yang berbeda di hati kalangan umat Muslim. Selain memang hadirnya hanya setahun sekali, sholat Idul Fitri merupakan awal rangkaian silaturahmi tahunan.

BACA JUGA : Bandara Soekarno Hatta Memastikan Pemeriksaan Covid-19 Gratis

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan Fatwanya Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir. Dan sholat Idul Fitri saat pandemi Corona telah memberikan panduan dalam pelaksanaan Sholat Idul Fitri tersebut.

Situasi Pandemi COVID-19 yang kecenderungannya terus meningkat dan belum adanya jaminan kawasan terkendali, masyarakat dianjurkan untuk beribadah Sholat Idul Fitri di rumah, baik secara berjamaah dengan keluarga ataupun sendiri.

Hal ini pun sesuai dengan panduan MUI bahwa sholat Idul Fitri boleh dilaksanakan dirumah dengan berjemaah Bersama anggota keluarga ataupun sendiri karena penyebaran Virus Corona belum terkendali. Kualitas ibadah pun bias diraih dengan menghadirkan kekhusyu’an dan keikhlasan bahwa ibadah dirumah ini sebagai upaya pencegahan Virus Corona.

Seusai sholat Idul Fitri dirumah, tradisi yang baik dan dilestarikan di negeri kita yaitu halalbihalal. Halalbihalal tersebut dapat dilakukan melalui daring atau yang sering disebut dengan sarana telekomunikasi yang dimiliki.

Sehingga, dirumah saja pada saat Idul Fitri sangat ditekankan. Saling menjaga diri, keluarga, kerabat, dan yang lainnya dari ancaman wabah merupakan hal yang Utama. Semoga kita semua terhindar dari COVID-19. Mari kita menyongsong hari kemenangan dengan melakukan tindakan menjaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.