24/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Kemenkes: Penggunaan Masker Di Indonesia Berlangsung Sampai 2022

2 min read

Laju Berita – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan penggunaan masker di Indonesia akan berlangsung hingga 2022. Masker adalah salah satu alat kesehatan penting untuk mencega menyebarnya virus corona.

Maske ini masih dan akan tetap dibutuhkan. Prime prevention untuk covid-19 ini adalah mencegah terpapar. Artinya kita harus melindungi saluran nafas kita, jadi istilahnya masker ku melindungi kamu dan masker ku menlindungi aku. Ini yang penting, ungkap direktur jendral pencegahan dan pengendalian penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes Achmad Yutianto dalam konfereni pers Sinergi Pengandaan Master UMK.

Menurut Yuri, penggunaan masker diperlukan sekalipun vaksin akan mulai diimplementasikan oleh pemerintah. Vaksin, kata dia, menjadi secondary prevention atau hanya bersifat pencegahan sakit yang berat.

BACA JUGA : Pajak Mobil Baru 0% Ditolak Kemenkeu Sri Mulyani

Yuri menegaskan vaksin tidak melindungi orang dari kemungkinan terpapar covid-19. Oleh karena itu, penggunaan masker masih akan terus dikampanyekan pemerintah.

Dia menyebut ada banyak manfaat masyarakat terus menggunakan masker. Di antaranya, angka kesakitan karena infeksi saluran pernafasan menurun signifikan.

“Kemudian angka kesakitan akibat diare pun menurun dengan signifikan. Ini gunanya mengapa masker menjadi salah satu yang penting,” kata Yuri.

Yuri mengatakan masker kain menjadi pilihan terbaik untuk digunakan masyarakat. Apalagi, masker kain mudah didapat dan diproduksi.

“Kami bangga dan bahagia bahwa ternyata ini juga memberikan ruang pada teman-teman kita yang berkebutuhan khusus untuk bisa produktif lagi dengan pembuatan masker,” kata dia.

Kemenkes bahkan lebih nyaman memesan distribusi masker dengan UMKM dibanding dengan industri besar. Alasannya, industri besar tidak memerhatikan desain dan kenyamanan.

“Mereka yang penting diproduksi massal saja, jumlahnya banyak tapi tidak ada sentuhan kenyamanannya,” tegas Yuri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.