28/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Kemenhub : Promosikan Bus di Lima Kota Akan Digratiskan

2 min read

Laju Berita – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut warga di lima kota akan digratiskan untuk naik bus di dalam kota demi mendorong peralihan dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

Kemenhub menyebut subsidi untuk transportasi massal berbasis bus dengan skema buy the service mulai diterapkan di lima kota, yakni Medan, Denpasar, Palembang, Solo, dan Yogyakarta pada 2020.

Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) Budi Setiyadi mengatakan yang pertama kita luncurkan bulan lalu di palembang. Hari ini di Solo, sampai akhir tahun nanti target kita lima kota sudah jalan semua,” ucapnya usai peluncuran Batik Solo Trans Koridor 3 dan 4, di Halaman Balaikota Solo, Sabtu (4/7).

BACA JUGA : Tiga Emak-Emak Bermain TikTok Di Jembatan Akhirnya Diamankan Polisi

Dengan subsidi ini, masyarakat dapat menggunakan modal transportasi berbasis bus rapid transit (BRT) secara cuma-cuma sehingga mendorong peralihan dari kendaraan pribadi ke transportasi umum massal. Selain mengurangi tingkat kemacetan, hal ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas udara di perkotaan.

Untuk Kota Solo, total anggaran yang disediakan dari Kemenhub mencapai Rp 50 miliar untuk empat koridor. Harga jasa yang disepakati bervariasi antara Rp 8.000 – 12.000 per kilometer.

BACA JUGA : Tiga Emak-Emak Bermain TikTok Di Jembatan Akhirnya Diamankan Polisi

Subsidi transportasi massal dengan skema ini ditempuh dengan jalan Pemerintah membeli jasa layanan bus dari operator. Harga jasa ditentukan berdasarkan perkiraan biaya operasional yang disepakati antara operator dengan Pemerintah.

Budi berharap Pemerintah Daerah menindaklanjuti program subsidi ini dengan manajemen lalu lintas yang lebih baik.”Misalnya dengan pembatasan parkir. Gimana caranya masyarakat dibikin ribet pakai kendaraan pribadi supaya beralih ke ini (BRT),” katanya.

Program ini, lanjutnya akan berlangsung hingga Desember 2020. Untuk tahun 2021, Budi meminta Pemerintah Daerah menghitung kembali biaya operasional BRT di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan subsidi Buy The Service di Kota Solo akan dijalankan di empat koridor Batik Solo Trans (BST). Ia berharap dengan adanya subsidi ini, minat warga Solo yang selama ini masih rendah dapat meningkat.

“BST ini kan sudah menjadi transportasi yang aman, nyaman, dan gratis. Paling tidak sampai akhir tahun. Syukur-syukur tahun depan Pak Dirjen mau memberi subsidi lagi jadi bisa gratis terus,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.