30/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Kebakaran Hutan Probolinggo Hingga Seluas 6 Hektar

2 min read

Laju Berita – Hutan di Gunung Bentar di Desa Curah Sawo, Gending, Probolinggo terbakar. Api membakar lahan hutan seluas 6 hektare.

Lokasi kebakaran ada di lahan petak 21 masuk wilayah KRPH Klenang. Sulitnya medan membuat mobil PMK sulit menjangkau lokasi. Petugas dari Koramil Gending dan pihak Perhutani memadamkan api dengan cara manual dengan mengisolir dan memadamkan api dengan ranting basah.

Besarnya embusan angin membuat api terus menjalar dan membakar ranting kering pohon Jati, Sengon dan Kesambi. Api juga membakar ranting kering. Untunglah api bisa dilokalisir dengan cara manual yakni memindahkan ranting kering dan memberikan jarak agar api tidak meluas.

Kebakaran hutan Gunung Bentar disebabkan karena faktor alam yakni dari panasnya sinar matahari di musim kemarau. Sebelum petak 21 terbakar, 3 bulan yang lalu juga terjadi kebakaran di petak 22, semuanya lahan milik Perhutani.

BACA JUGA : Kasus Positif Covid-19 di Sumut Tembus 9.468 Orang

Anggota Koramil Gending Serda Gimun mengatakan yang bisa dilakukan saat ini adalah memadamkan api secara manual. Caranya dengan memukul kobaran api dengan dahan basah, dan mengisolir ranting kering yang belum terbakar agar api tidak meluas. Karena mobil PMK sendiri tidak bisa menjangkau lokasi kebakaran hutan Gunung Bentar karena medan menanjak dan jalannya kecil.

“Api terus meluas, yang bisa kami lakukan hanya bisa memukul kobaran api dengan dahan basah agar api segera padam. Dan mengisolir ranting yang belum terbakar dari ranting yang sudah terbakar,” kata Gimun saat di konfirmasi Lajuberita di lokasi, Selasa (22/9/2020).

Petugas keamanan Resort Pengelolaan Hutan Klenang Arif Huda mengatakan api bisa diisolir selama 3 jam. Yang terbakar hanya ranting dan kayu kering. Total 6 hektare hutan di petak 21 yang terbakar. Api diduga karena faktor alam di musim kemarau, bukan ada yang membakar.

“Api bisa dipadamkan selama 3 jam dengan cara manual di bantu petugas dari TNI dari Koramil Gending dan Polisi dari Polres Probolinggo. Total 6 hektare lahan Perhutani di Gunung Bentar yang terbakar. Api murni dari faktor alam panasnya sinar matahari di musim kemarau,” kata Arif.

Hingga saat ini, masih ada sisa api di titik lahan petak 21, petugas masih dan terus memantau api di hutan Gunung Bentar karena khawatir api terus menjalar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.