26/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Kawanan Perampok Spesialis Nasabah Bank di Tangkap, Tiga Orang Ditembak Mati

2 min read
Kawanan Perampok Spesialis Nasabah Bank di Tangkap, Tiga Orang Ditembak Mati

LajuBerita – Direktorat Reserse Kriminal Polda Metro Jaya menangkap 12 kawanan perampok spesialis nasabah bank yang dimana tindakannya sangat maksimal.

Salah satu korbannya ialah Ida Rosida (49), yang ketika itu kaca mobilnya dipecah dan uang senilai Rp 80 juta dirampok di Jalan Muhtar, Bojong Sari, Depok, Jawa Barat, pada 5 Mei 2020 hingga video aksi kawanan perampok itu viral di media sosial.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan dari kasus tersebut pihaknya melakukan penyelidikan hingga berhasil menangkap 12 pelaku.

Mereka ditangkap secara berkelompok di dua lokasi yang berbeda. Beberapa orang dibekuk di wilayah Depok, dan lainnya di Tangerang.

“Pelaku berhasil ditangkap di dua tempat berbeda yaitu Depok dan Tangerang dalam kurun waktu dua hari sejak tanggal 13 dan 14 Juni,” ucap Nana di Jakarta, Jumat(19/6).

Kelompok ini membagi tugas saat beraksi. Ada yang mencari korban dengan berpura-pura sebagai nasabah bank, membuntuti korban pembuntutan, menggembosi ban kendaraan korban, hingga menjadi eksekutor.

Bahkan, kelompok ini tercatat sudah beraksi di 9 lokasi yang tersebar di luar Jakarta. Mereka menggunakan modus yang sama, yaitu gembos ban.

“Hasil pemeriksaan mereka akui ada sembilan TKP di wilayah Depok, Tangerang,” tegas Nana.

Baca Juga : Bebas Asimilasi, Pria Garut Kembali Berulah Dan Sudah Beraksi 11 Kali.

Dalam proses penangkapan, petugas terpaksa menembak tiga tersangka, BS, RR dan AMT. Sebab, ketika akan ditangkap, mereka melawan dengan menambaki petugas dengan senjata api rakitan. Sedangkan, 9 tersangka lainnya, WA, YS, DF, DD, DD, H, T, E dan S, menyerah tanpa perlawanan.

“Ketika dalam penangkapan mereka dipersenjatai senjata api dan kami melalukan tindakan tegas terukur terhadap tiga pelaku dan meninggal dunia karena melawan ke petugas saat pengembangan kasus atau saat ditangkap,” papar Nana.

Dari belasan tersangka di kelompok ini, sambung Nana, masih ada 3 tersangka lainnya yang masih buron. Mereka memiliki peran besar di kelompok ini, termasuk saat menggasak uang senilai Rp80 juta pada aksi kejahatan terakhirnya.

“Terkait spesialis nasabah bank, kita cari tiga DPO yang sedang kami terus lacak keberadaanya dan diantara ketiga DPO insialnya A, AM dan H,” kata Nana.

Dari penangkapan para tersangka, sejumlah barang bukti ikut disita. Di antaranya, 3 revolver rakitan, 8 butir peluru, satu gergaji, 2 kikir, 6 karet ban dimodifikasi dengan ditempel paku dan 1 kawat payung dimodifikasi.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal berlapis yaitu Pasal 365 KUHP, 363 KUHP dan atau Pasal 1 ayat 1 Undang-undang RI Nomor 12 tahun 1951. Mereka terancam hukuman penjara setinggi-tingginya 20 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.