30/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Karena Larangan Mudik Penumpang di Pelabuhan Merak Melonjak

2 min read

Laju Berita – Arus penumpang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, melonjak jelang larangan mudik pada Jumat (24/4). Penumpang yang berjalan kaki di Pelabuhan Merak sudah naik dua kali lipat dibandingkan rata-rata harian selama satu minggu terakhir.

Berdasarkan yang diperoleh dari PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak, dari bulan April 2020, jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni berjumlah 264.765 orang yang dilayani oleh 2.113 perjalanan.

Kenaikan para penumpang mulai terlihat pada Senin (20/4) sebanyak 12.037 orang. Di hari Selasa (21/4) berjumlah 12.293 orang, dan paling banyak pada Rabu (22/4) dengan total 17.254 orang. Peningkatan-peningkatan itu terlihat karena pada Minggu (19/4) penumpang hanya berjumlah 9.602 orang.

“Penumpang yang berjalan kaki naiknya rata-rata dua kali pada hari biasa. Ada kenaikan 5 ribu penumpang dalam seminggu terakhir,” ujar Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Nurhadi Unggul Wibowo, ditemui di Pelabuhan Merak, Kamis (23/04).

Lonjakan terbanyak pada kategori penumpang dengan sepeda motor. Hanya 454 unit sepeda motor pada hari Senin dan menurun menjadi 428 unit pada hari Selasa, jumlah sepeda motor yang menyebrang lewat Pelabuhan Merak meningkat tiga kali lipat menjadi 1.299 unit pada hari Rabu.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Mengatakan Mudik Dan Pulang Kampung Hal Berbeda

Total penumpang menyeberang dengan menggunakan sepeda motor pada bulan April hingga Rabu, tercatat berjumlah 12.751 unit kendaraan roda dua.

“(Kenaikan) paling tinggi sepeda motor yang akan naik lima kali lipat dibandingkan rata rata harian seminggu terakhir. Bisa jadi seperti itu (dipengaruhi larangan mudik). Karena seminggu terakhir itu datar. Kenaikan terjadi mulai kemarin,” ucap Nurhadi.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Mengatakan Mudik Dan Pulang Kampung Hal Berbeda

BPTD Wilayah VIII Banten belum bisa memberikan hasil apakah Kamis malam nanti (beberapa jam sebelum pemberlakukan pelarangan mudik) akan terjadi lonjakan penumpang atau tidak.

Meski demikian, BPTD Wilayah VIII Banten optimistis tidak akan ada kepadatan kendaraan maupun penumpang sekalipun terjadi lonjakan pada malam nanti.

“Saya tidak tahu (malam ini terjadi lonjakan), kita lihat besok. Walaupun terjadi peningkatan penumpang (malam ini), masih di bawah rata-rata harian normal, kalau rata-rata mingguan terakhir pasti akan naik. Jadi kami enggak perlu melakukan antisipasi,” ucap Nurhadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.