28/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Joe Biden Menang Pemilu AS 2020 Dan Menjadi Presiden Katolik Kedua

2 min read

Laju Berita – Hasil pemungutan suara Pemilu AS 2020 menjelaskan Joe Biden sebagai pemenang pemilu dan akan menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat. Biden menang pemilu setelah berhasil meraih 273 suara elektoral setelah memenangkan suara di Pennsylvania.

Biden bukan nama baru di dunia politik, sudah hampir 50 tahun hidupnya dihabiskan dalam mengabdi kepada publik. Terakhir, dia menjabat sebagai Wakil Presiden era Barack Obama sejak 2009 hingga 2017.

Sekarang dia akan menjabat sebagai presiden dari kelimpol katolik kedua di Amerika Serikat setelah John F Kennedy.

BACA JUGA : Hasil Vote Sementara Joe Biden Unggul dari Donald Trump

Jalannya mungkin tidak semulus JFK, presiden Katolik pertama di Amerika Serikat dalam mencari suara dari kelompok protestan. Dimana terdapat ketegangan kepada kelompok non-protestan di era itu.

Namun, gaya kampanye Biden dalam merangkul umat Katolik Amerika saat pemilu kemarin perlu diacungi jempol.

Dia berhasil menggunakan citranya sebagai pemeluk Katolik yang taat dan merangkul agama minoritas lainnya, seperti Islam.

Biden juga menekankan gaya bicara dengan belas kasih dan kesopanan, berbeda dengan Trump yang garang.

“Aku akan menjadi kawan dalam terang, bukan kegelapan,” ungkapnya setelah dipilih mencalonkan Presiden dari Partai Demokrat.

Ketika Biden mengumumkan pencalonannya pada April 2019, dia membidik Trump. Dia menambahkan bahwa pemilu ini merupakan pertempuran dalam mengubah jiwa bangsa Amerika secara fundamental.

“Kami berada dalam pertempuran untuk jiwa bangsa ini, Selamanya dan secara fundamental mengubah karakter bangsa ini,” tuturnya, seperti dilansir New York Times.

Selain dari dirinya sendiri, Senator Kamala Harris yang dipilihnya juga merepresentasikan kelompok dari minoritas.

BACA JUGA : Hasil Vote Sementara Joe Biden Unggul dari Donald Trump

Ayahnya adalah seorang imigran dari Jamaika, Ibunya adalah seorang imigran dari India. Menjadikannya wanita kulit hitam pertama dan orang pertama keturunan Asia untuk duduk di kursi Wakil Presiden AS.

Dalam kampanyenya, dia juga memfokuskan pada isu pandemi, di mana lawannya Trump lemah dengan fokus penanganan tersebut.

Faktor lain yang berhasil dia lakukan adalah dalam meyakinkan pendukungnya terkait kepemimpinannya yang ideal dalam merumuskan kebijakan penanggulangan virus corona, di mana saat ini masih AS menjadi negara dengan kasus infeksi tertinggi.

Kebijakan tersebut salah satunya berlandaskan rekomendasi dan saran dari para pakar kesehatan dan ekonomi. Hal yang luput dilakukan oleh Trump selama ini.

Selain itu dia juga menjanjikan akses secara luas dan gratis. Termasuk pada penyuntikan vaksin corona.

Kemenangan Joe Biden ini juga memecah rekor Trump dalam usia tertua saat menjabat sebagai Presiden. Nanti saat dilantik pada 20 Januari 2021, Biden akan berusia 78 tahun.

Sedangkan Trump, 74, adalah orang tertua yang menjabat sebagai presiden ketika dia dilantik pada usia 70 tahun di 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.