27/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Jaksa Pinangki Minta Bareskrim Hentikan Pemeriksaan

2 min read

Laju Berita – Jaksa Pinangki Sirna Malasari pada Rabu (2/9) diperiksa Direktorat Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal (Dittipikor Bareskrim) Polri selama hampir delapan jam di Gedung Bundar, Kompleks Kejaksaan Agung.

Pemeriksaan diketahui dilakukan terkait penyelidikan yang sedang dilakukan Polri atas dugaan pidana lain oleh Djoko Tjandra. Pemeriksaan yang dilakukan disebutkan pihak Polri masih belum rampung. Hal tersebut dikarenakan Jaksa Pinangki meminta agar pemeriksaan dihentikan, dan sepakat dilanjutkan pada hari Rabu minggu depan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono tidak menjelaskan alasan dari Pinangki meminta pemeriksaan tersebut dilakukan. Awi juga tidak merinci soal kasus yang sedang diselidiki oleh pihak Bareskrim kepada Jaksa yang telah menjadi tersangka di Kejaksaan Agung.

“Yang bersangkutan dicecar sebanyak 34 pertanyaan,” kata Awi.

BACA JUGA : 54 SMP di Boyolali Mulai Sekolah Tatap Muka Pekan Depan

Pinangki masih bungkam saat digiring oleh penyidik masuk ke dalam mobil tahanan. Dia tak menanggapi satu pun pertanyaan awak media yang sudah menunggu pemeriksaan Pinangki tersebut hingga selesai.

Secara terpisah, Jefri Moses Kam selaku penasehat hukum Pinangki, mengatakan bahwa pemeriksaan tersebut masih dalam tahap penyelidikan oleh kepolisian. Oleh karena itu, Pinangki tak didampingi oleh pengacara saat diperiksa.

Jefri juga mengaku belum mengetahui secara pasti terkait materi pemeriksaan yang didalami oleh penyidik. Dalam surat panggilan pemeriksaan yang diperoleh pihaknya, Bareskrim hanya menyebutkan bahwa Pinangki diklarifikasi terkait dengan kasus Djoko Tjandra.

Pinangki sendiri diketahui saat ini sedang berurusan hukum dalam perkara dugaan penerimaan gratifikasi dari Djoko Tjandra untuk pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) pada tahun 2019 silam. Kasus tersebut ditangani oleh Kejaksaan Agung dan Pinangki saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka..

BACA JUGA : 54 SMP di Boyolali Mulai Sekolah Tatap Muka Pekan Depan

Dalam perkara tersebut, sudah ada 3 orang tersangka. Selain Pinangki, Kejagung juga menjerat Djoko Tjandra dan eks Politikus Partai NasDem Andi Irfan Jaya. Ketiganya dinilai melakukan tindak pidana korupsi berupa suap senilai Rp7 miliar.

Belakangan, Jaksa juga menjerat Pinangki dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Jerat TPPU ini dilakukan usai penyidik menggeledah sejumlah tempat dan menyita satu unit mobil BMW tipe X5 milik Pinangki. Diduga kuat, Pinangki menggunakan sebagian uang suap dari Djoko Tjandra untuk membeli mobil BMW tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.