20/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Jack Ma dan Beberapa Pengusaha Menghilang Usai Kritik Sistem Keuangan China

2 min read
Jack Ma dan Beberapa Pengusaha Menghilang Usai Kritik Sistem Keuangan China

Laju BeritaSudah hampir 2 bulan Jack Ma dan Beberapa Pengusaha Menghilang Usai Kritik Sistem Keuangan China. Taipan pendiri Alibaba ini telah menghilang sejak November 2020.

Hilangnya pebisnis seperti Jack Ma, bukanlah yang pertama terjadi di China. Sederet pebisnis lain juga sempat hilang jejaknya usai mengkritik pemerintah China.

Salah satu pebisnis yang menghilang adalah Ren Zhiqiang. Ren merupakan seorang pensiunan konglomerat real estat asal China. Ren menghilang setelah menuduh Partai Komunis yang berkuasa di China salah dalam menangani pandemi virus Corona. Kehilangan Ren tersebut terungkap usai Beijing mengaku menghukum Ren 18 tahun penjara.

Ada juga Xiao Jianhua yang merupakan seorang manajer aset yang juga pernah menghilang. Dia diculik dari sebuah hotel di Hong Kong pada Januari 2017. Xiao dikatakan menjadi tahanan China, sedangkan sebagian besar perusahaannya, Tomorrow Group telah disita negara.

ak hanya pebisnis, China juga dilaporkan telah menangkap beberapa kritikus pemerintah karena tanggapannya terhadap pandemi. Salah satunya adalah seorang profesor hukum Xu Zhangrun, dan Zhang Xuezhong seorang pengacara hak asasi manusia.

Baca Juga : Presiden Jokowi Resmi Tandatangani PP Kebiri Predator Seksual

Sebelum keberadaan Jack Ma tidak diketahui seperti sekarang, dirinya sempat menyampaikan kritik terhadap pemerintah China. Hal tersebut dikabarkan membuat Presiden Xi Jinping marah besar.

Jack Ma mengkritik terkait sistem keuangan China. Kritik tersebut disampaikan ketika berpidato di Bund Summit. Sebuah acara di Shanghai yang dihadiri ratusan bankir dan perwakilan pemerintah China pada Oktober 2020 lalu.

Pada pidatonya yang sangat mengkritik keras itu, Jack Ma menilai sistem keuangan China sudah ketinggalan zaman. Kritik tersebut menyebabkan Presiden Xi Jinping memerintahkan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) ANT Group dihentikan.

Kritikan Jack Ma dilontarkan kepada regulator keuangan, pegadaian, dan juga bank milik negara. Jack Ma mempertanyakan apakah sistem tersebut masih berguna di tengah teknologi yang berkembang pesat sekarang ini. Semakin panas, Jack Ma lanjut menyebut sistem keuangan China bagaikan penyakit yang diberi pengobatan yang salah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.