30/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Hasil Vote Sementara Joe Biden Unggul dari Donald Trump

2 min read
Hasil Vote Sementara Joe Biden Unggul dari Donald Trump

LajuBerita – Joe Biden Calon Presiden Amerika dari Partai Demokrat, sementara ini masih unggul pada penghitungan suara Pemilu AS. Walaupun begitu, dirinya tak ingin jumawa dan menyatakan dirinya pemenang. Menurut Joe Biden, proses Pemilu AS masih panjang.

“Sabar, karena kami tahu ini bakal panjang prosesnya,” ujar Joe Biden ketika berkunjung ke Delaware, Rabu, 4 November 2020.

Joe Biden diproyeksikan memenangi Pemilu AS 2020. Berdasarkan surat suara yang telah masuk, Joe Biden terhitung sudah mengumpulkan 215 suara elektoral. Sementara itu, inkumben Donald Trump, tercatat mengumpulkan 171 suara elektoral.

Apabila mengacu pada peta sebaran dukung, Joe Biden sudah dapat dinyatakan mengamankan suara elektoral di 16 negara bagian. Salah satu negara bagian yang terbesar adalah California yang memiliki 55 suara elektoral. Contoh lainnya yaitu Washington terdapat 12 suara, Arizona 11 suara dan Illinois terdapat 20 suara.

Walaupun begitu, posisi Biden belum sepenuhnya aman. Di beberapa negara bagian, proses penghitungan suara masih jauh dari usai sehingga posisi masih mungkin berbalik.

Apalagi, di beberapa negara bagian seperti swing state, baik yang telah selesai menghitung ataupun belum, Donald Trump lumayan bertaji. Sebagai contoh, di Florida, yang proses hitung suaranya 96 persen usai, Donald Trump sudah bisa dikatakan pasti menang. Ia mengumpulkan 51,2 persen suara dibandingkan Joe Biden yang 47,8 persen. Adapun Florida memiliki 29 suara elektoral.

Contoh lain, di Pennsylvania, Donald Trump unggul dengan perolehan 56,6 persen dibandingkan Joe Biden, 42,1 persen. Proses hitung suara di sana sudah 65 persen usai dan pemenangnya akan mendapat 20 suara elektoral.

Donald Trump, ketika terakhir kali diwawancarai, yakin kalau dirinya memiliki kans menang. Uniknya, ia juga menyatakan bahwa menjadi Presiden Amerika adalah pekerjaan yang sangat sulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.