23/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Gempa 6,0 SR Guncang Kabupaten Buru Hingga Ambon

1 min read
Gempa 6,0 SR Guncang Kabupaten Buru Hingga Ambon

LajuBerita – Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Maluku Selasa (9/6) pukul 13.56 WIT.

“Gempa pada kedalaman 20 kilometer, gempa tak berpotensi stunami,”Tulis melalui akun resmi BMKG, Selasa, (9/6).

Berdasarkan data yang dihimpun Kabar Timur dari BMKG Ambon, menyebutkan episenter gempa berada di lokasi 4.15 LS-126.39 BT atau 53 Km Baratdaya Namrole-Bursel, 95 Km Barat Ambalau-Bursel.

Titik gempa berada pada kedalaman 10 Km dan dirasakan di Namrole dengan skala III-IV MMI, Namlea II-III MMI, Piru III MMI, dan Ambon II MMI.

Baca Juga : Risma Tidak Perpanjang PSBB, Namun Perketat Protokol Kesehatan.

Di Kota Ambon, sekitar 207 kilometer dari episentrum gempa, guncangan itu dirasakan dengan skala II MMI. Getaran dirasakan beberapa orang, di mana benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Berdasarkan pantauan di Kota Ambon, Tak terlihat kepanikan warga atas gempa yang terjadi, dan tak semua orang sadar telah terjadi guncangan tersebut. Skala guncangan yang sama juga dirasakan di Namlea, Kabupaten Buru.

Sementara itu di Seram Bagian Barat, sekitar 233 kilometer dari episentrum gempa, guncangan dirasakan dengan skala III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran yang sangat besar.

Hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui dampak atau kerusakan yang diakibatkan dari gempabumi tersebut.

Masyarakat dimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Warga juga diingatkan hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa tektonik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.