26/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Efek Samping Pasca Suntikan Vaksin Covid-19

2 min read
Efek Samping Pasca Suntikan Vaksin Covid-19

LajuBerita – Beberapa negara sudah mulai melakukan vaksinasi COVID-19. Namun muncul kekhawatiran tentang Efek Samping Pasca Suntikan Vaksin Covid-19 yang akan ditimbulkan.

Beberapa ahli mengatakan efek samping yang ditimbulkan setelah dilakukan vaksinasi adalah hal yang normal dan bisa ditoleransi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merilis panduan untuk mengelola kemungkinan Efek Samping Pasca Suntikan Vaksin Covid-19.

“Anda yang dilakukan vaksin mungkin akan mengalami beberapa efek samping. Namun efek samping tersebut merupakan tanda normal bahwa tubuh Anda sedang membangun perlindungan. Efek samping ini bisa mempengaruhi kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun efek itu akan hilang dalam beberapa hari,” tulis CDC dalam laman resminya, Rabu 16 Desember 2020.

Baca Juga : Rumah Sakit Membuka Pendaftaran Vaksin Covid-19

Efek samping umum yang bisa terjadi atas suntikan vaksin yang di suntikkan di lengan seperti rasa kebas dan adanya pembengkakan.

Sedangkan efek samping yang terjadi di seluruh tubuh, adalah badan terkena demam, perasaan badan panas dingin. Munculnya rasa kelelahan dan sakit kepala.

Meskipun efek samping yang timbul biasanya bersifat sementara dan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun CDC menyarankan agar berkonsultasi dengan dokter tentang obat-obatan yang dijual bebas. Obat-obatan yang dimaksud seperti ibuprofen atau asetaminofen untuk mengatasi rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Langkah-langkah lain untuk mengurangi rasa sakit juga bisa dilakukan dengan cara menempatkan kain lap basah yang dingin di atas lengan atau gerakkan tangan. Sedangkan untuk mengurangi demam, disarankan untuk tetap terhidrasi.

“Efek sampingnya mungkin terasa seperti flu dan bahkan mempengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi akan hilang dalam beberapa hari,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.