28/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Dugaan Awal BMKG atas Dentuman Misterius di Jaksel-Jaktim

2 min read
Dugaan Awal BMKG atas Dentuman Misterius di Jaksel-Jaktim

LajuBerita – Warga di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dihebohkan dengan suara dentuman keras namun misterius.

Media sosial pun riuh serta ikut mempertanyakan mengenai muasal dentuman yang dirasakan oleh warga Jakarta tersebut.

Atas laporan sejumlah warga, BMKG mencatat hasil monitoring awal terkait suara dentuman ini.

Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG mengatakan sejumlah warga dan netizen melaporkan keanehan tersebut. Warga yang melaporkan suara dentuman tersebut yaitu warga daerah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Berdasarkan laporan adanya beberapa suara dentuman keras yang terdengar sekitar pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB pada hari ini Minggu 20 September 2020.

Baca Juga : Ratusan Rumah dan 2 Truk di Cilincing Jakut Hangus Kebakaran.

Terkait dentuman yang membuar resah warga tersebut, BMKG menyatakan beberapa hal. Pertama, dentuman dapat terjadi dikarenakan adanya gempa dangkal. Namun BMKG belum mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta terkait dentuman tadi.

Hasil awal monitoring petir yang dilakukan oleh BMKG dengan menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

BMKG tak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur. BMKG kembali menyinggung aktivitas petir saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman.

“Acuan kami yaitu data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga,” kata Daryono.

“Sehingga suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir,” imbuh Daryono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.