30/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Dinilai Berhasil Tangani Covid-19, Terawan Diundang WHO

2 min read

Laju Berita – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara khusus mengundang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam pertemuan virtual yang digelar pada Jumat 6 November besok.

Pertemuan tersebut menurut Kemenkes adalah bentuk apresiasi dari WHO kepada Menkes Terawan yang dinilai berhasil menangani pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan dalam surat undangan yang ditandatangani oleh Asisten Direktur Jenderal Kesiapan Darurat WHO Jaouad Mahjour pada 30 Oktober 2020 lalu yang ditujukan kepada Menteri Terawan. Hal tersebut disampaikan oleh Widiyawati selaku Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI.

BACA JUGA : Jenazah Covid-19 Berdarah Dan Bola Mata Tidak Ada Ternyata Hoax

“Iya benar ada undangan tersebut,” kata Widyawati.

Namun Widyawati tidak mau merinci mengenai agenda undangan tersebut. Sedangkan ditempat terpisah, Muhammad Budi Hidayat selaku Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes menyebut undangan itu merupakan undangan spesial dari WHO atas keberhasilan Indonesia yang dinilai mampu menangani pandemi usai penambahan kasus positif covid-19 yang melanda dalam beberapa pekan terakhir.

“Alhamdulillah dinilai bagus oleh WHO. Karena Indonesia dinilai mampu membuat angka positif landai ya positif rate-nya dan angka sembuh juga meningkat,” kata Budi, Kamis 5 November.

Budi mengatakan WHO juga mengapresiasi Indonesia dalam pelaksanaan protokol kesehatan covid-19 3M yang meliputi memakai masker. Mencuci tangan dan menjaga jarak. Tiga protap tersebut dinilai WHO berhasil menekan laju penyebaran covid-19 di Indonesia.

BACA JUGA : Jenazah Covid-19 Berdarah Dan Bola Mata Tidak Ada Ternyata Hoax

Terawan diundang oleh WHO bersama 3 menteri kesehatan negara lain yang dinilai sukses menangani Covid-19. Terkait hal tersebut Budi juga mengaku belum mendapatkan info yang lebih jelas.

Direktur Jenderal WHO Tedros akan mendengarkan masukan dari para menteri yang di undang dalam pertemuan daring tersebut. Mengenai tindakan dalam penanganan Covid-19 atau tinjauan intra-tindakan (intra-action review/IAR).

Dalam surat surat undangan tersebut, WHO menginginkan pertemuan secara virtual dapat dijadikan ruang belajar. Dalam strategi dan respons masing-masing negara guna menangani pandemi Covid-19. WHO berharap agenda besok dapat menjadi refleksi negara lain dalam menghadapi pandemi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.