25/11/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Dampak Dari Corona, Pengusaha Restoran Rugi Rp 2 T

1 min read

Laju Berita – Pengusaha restoran merugi selama pandemi COVID-19 Merajalela di Indonesia. Bahkan kerugian seluruh pebisnis di bidang kuliner tersebut diperkirakan mencapai Rp 2 triliun. Hingga Juni jika virus Corona tak kunjung menghilang.

“Kemarin sih saya perkirakan sama teman-teman saja tuh hampir Rp 2 triliun ada tuh (kerugiannya). Perkiraan sampai Juni ya,” ujar Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bidang Restoran Emil Arifin , Minggu (19/4/2020).

Pengusaha restoran juga mencemaskan nasibnya ke depan karena dana cadangan (cash reserve) yang mereka punya hanya mampu bertahan dalam beberapa bulan lagi.

“Teman-teman ini semuanya kan tidak banyak perusahaan yang punya cash reserve sampai lebih dari 3 bulan,” ujarnya.

BACA JUGA : Pendemi Virus Corona Tidak Menyurutkan, Buruh Melakukan Aksi Demo

Pebisnis kuliner ini, lanjut dia hanya mampu bernapas hingga Juni. Setelah itu mereka tidak tahu lagi nasibnya akan seperti apa, belum lagi nanti ada kewajiban membayar tunjangan hari raya (THR). Tak banyak dari mereka yang memiliki dana cadangan di atas 6 bulan.

“Jadi kira-kira sampai bulan Juni mereka. Karena dia ukurannya sampai Juni, hitungannya kan 4 bulan tuh dengan THR kan. Jadi dia ukurannya sampai Juni. Kalau setelah Juni nggak tahu lagi tuh, belum ada yang tahu,” jelasnya.

Setidaknya, dia menjelaskan ada 6.800 restoran di mal yang terpaksa tutup karena pusat-pusat perbelanjaan tempat mereka berjualan berhenti beroperasi saat pandemi COVID-19.

“Yang pasti dari mal saja itu sudah hampir lebih dari 6.800 restoran tutup,” Sambung Emil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.