30/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Daftar Negara yang Melarang WNI Masuk Negaranya Selain Malaysia

2 min read

Laju Berita – Pemerintah Malaysia saat ini melarang Warga Negara Indonesia (WNI) masuk ke wilayahnya demi mencegah penularan virus Corona. Sebelumnya, ada empat negara lain yang melarang WNI masuk.

Pemerintah Malaysia telah mengumumkan bahwa pemegang visa jangka panjang (Permanent Resident/PR) yang merupakan warga Indonesia dilarang masuk ke Malaysia.

Menteri Senior urusan Keamanan Ismail Sabri Yaakob mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil usai mempertimbangkan lonjakan jumlah kasus COVID-19 di tiga negara tersebut.

Berikut daftar negara selain malaysia yang juga melarang WNI masuk wilayahnya.

Arab Saudi

Arab Saudi telah melarang warga dari sejumlah negara termasuk Indonesia masuk ke wilayahnya sejak Maret 2020.

Dalam keterangan yang disampaikan KBRI di Riyadh ada 51 negara yang dilarang berkunjung ke Saudi. Hal tersebut juga berlaku bagi pendatang atau traveller yang berada di negara-negara dalam daftar tersebut selama 14 hari

Jepang

Pemerintah Jepang telah mengeluarkan kebijakan mengenai perlintasan orang menuju wilayah Jepang guna pencegahan penyebaran virus Corona di negaranya sejak April 2020. Kebijakan tersebut berlaku untuk semua negara, termasuk Indonesia.

Atas hal tersebut, KBRI Tokyo yang merupakan perwakilan pemerintah Indonesia di Jepang mengatakan seluruh warga negara Indonesia (WNI) dilarang memasuki Jepang sejak 3 April.

Australia

Australia kini sudah melarang warga dari sejumlah negara, termasuk Indonesia untuk masuk wilayahnya sejak Maret 2020. Hal ini juga untuk mencegah penularan Corona.

Mahasiswa dan para pemegang Work and Holiday Visa (WHV) saat itu mengaku pasrah. Atas larangan ini membuat banyak mahasiswa dan WHV asal Indonesia yang bingung.

Larangan ini telah berlaku sejak Jumat malam (20/03). Kebijakan ini dikeluarkan untuk sebagai bentuk upaya penanganan virus corona di Australia, yang hingga Jumat (20/3) saat itu kasusnya sudah mencapai angka 709.

Brunei Darussalam

Terhitung sejak 24 Maret 2020, semua warga negara asing termasuk Indonesia tidak diizinkan masuk atau transit di Brunei Darussalam lewat darat, laut maupun udara.

Langkah tersebut diambil untuk menekan atau mencegah penularan pandemi virus Corona atau COVID-19 di Brunei. Langkah tersebut diambil sesudah mempertimbangkan saran yang diberikan Kementerian Kesehatan Brunei.

Hal ini diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri Brunei Dato Seri Setia (Dr) Awang Abu Bakar Apong dalam konferensi pers seperti dilansir media Borneo Bulletin/ANN dan The Star, Selasa 24 Maret 2020.

Pertimbangan khusus hanya diberikan oleh Departemen Imigrasi dan Registrasi Nasional terkait dengan masalah-masalah penting.

Ketika itu sebanyak 9 orang sudah dinyatakan positif corona di Brunei. Dua orang di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.