22/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Cara Ampuh Untuk Menjaga Keuangan di Saat Pandemi

3 min read
Cara Ampuh Untuk Menjaga Keuangan di Saat Pandemi

Cara Ampuh Untuk Menjaga Keuangan di Saat Pandemi

Laju Berita – Pandemi yang membuat semua kegiatan yang harus dilakukan di rumah saja. Semestinya dengan begitu juga, semua orang harus bisa hemat karena tak perlu mengeluarkan uang ongkos ataupun makan selama bekerja.

Faktanya bahwa, ternyata banyak dari mereka yang malah boros. Karena lamanya di rumah, yang membuat mereka ‘gatal’ belanja ini itu secara online. Alhasil, cash flow tak terkontrol dan menjadi pemborosan.

Maka dari itu, supaya keuangan terjaga selama masa pandemi, perlu beberapa kiat yang diterapkan. Berikut caranya.

Buat daftar pengeluaran

Setidaknya, membuat daftar pengeluaran dengan tiang untuk mengetahui kesehatan keuangan seseorang. Hal itu juga meliputi semua pengeluaran, termasuk biaya bulanan tetap, seperti sewa dan utilitas, dan pengeluaran yang lebih bervariasi seperti makanan dan bahan bakar.

Anda juga mungkin perlu meninjau kembali pengeluaran Anda beberapa bulan terakhir untuk mendapatkan gambaran berapa besar pengeluaran yang rutin Anda belanjakan. Ingatlah bahwa ini akan dapat membantu mengatur pengeluaran Anda ke dalam kategori seperti makanan, belanja, dan tagihan.

Menabung

Menabung ialah salah satu cara untuk menjadi pribadi yang lebih hemat. Perlu juga diketahui, menabung itu banyak manfaatnya. Anda bisa disiplin finansial dan menjadikan Anda lebih mengutamakan membeli barang yang sesuai kebutuhan ketimbang keinginan.

Selain itu juga, dana tabungan Anda bisa sangat membantu untuk modal membuka usaha atau dana hari tua nantinya. Lagi pula, dengan menabung bisa menghindari hutang. Jadi banyak sekali manfaat menabung.

Baca Juga : Artis Pevita Pearce Positif Terinfeksi COVID-19

Memiliki dana darurat

Perbedaan dari dana darurat dan tabungan ialah jika tabungan untuk jangka panjang, sedangkan dana darurat untuk biaya yang bersifat darurat dan prioritas.

Sebagai salah satu contoh, Anda membutuhkan laptop untuk bekerja, tapi tiba-tiba laptop rusak atau hilang. Tentu hal itu bersifat dadakan. Jika tidak diatasi dengan cepat, Anda tidak bisa bekerja. Nah, di sinilah dana darurat berperan.

Dengan begitu Anda bisa dengan mengatur keuangan dengan baik selama masa pandemi. Namun, jika belum yakin dan merasa bingung untuk memulai dengan hal di atas, Anda bisa menggunakan layanan produk keuangan yang tersedia di pasaran.

Perbankan dan lembaga keuangan saat ini juga menyediakan berbagai produk dan layanan yang dapat memudahkan Anda untuk mengelola keuangan. Misalnya, jika Anda merasa kurang disiplin dalam menabung atau tidak memiliki waktu untuk mengurus tabungan, terdapat produk tabungan perbankan yang bisa diatur untuk melakukan penarikan uang secara otomatis sehingga bisa menyisihkan pendapatan Anda untuk dana darurat.

“Generasi muda saat ini berada pada masa dimana mereka sedang mencari pola dalam merencanakan keuangannya dengan baik. Mereka biasanya memiliki latte factor, yaitu pengeluaran kecil namun rutin yang jika dikumpulkan nilainya menjadi besar seiring waktu untuk memenuhi keinginan lifestyle seperti membeli secangkir kopi tiap hari atau belanja online. Sementara itu, mereka juga memiliki kebutuhan hidup dan tanggung jawab finansial. Untuk mengimbangi antara penghasilan mereka dengan keinginan dan kebutuhan tersebut apalagi di masa pandem yang tidak menentu tentunya dibutuhkan pengelolaan keuangan yang memadai. Salah satunya dengan layanan terbaru dari Bank Danamon yaitu Danamon Optimal yang menyediakan berbagai pilihan produk seperti tabungan, investasi dan pinjaman untuk mengelola keuangan secara fleksibel serta dilengkapi dengan akses digital yang mudah dan nyaman. Layanan ini bisa menjadi solusi yang tepat bagi mereka,” kata Consumer Business Head Bank Danamon, Lanny Hendra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.