26/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Bisnis Menggiurkan Selama Pandemi, Salon Ikan Cupang Malang

2 min read

Laju Berita – Hobi memelihara ikan cupang sekarang banyak diincar masyarakat selama pandemi Covid-19. Kondisi itu dimanfaatkan oleh Aziz Rizki Pratama, pria asal kota Malang dengan membuka usaha salon ikan cupang.

Tidak disangka, usaha sampingan yang awalnya hanya iseng itu kini berpenghasilan gede. Aziz yang sering dipanggil Bojez sekarang mendapatkan banyak uang dari bisnis salon ikan cupang.

Bojez dikenal para pecinta ikan cupang di Malang karena bisa mempercantik sirip ikan tersebut. Kepandaian itu hasil dari pengalamannya yang sudah lama menggeluti ikan cupang.

Saya mau nyalon ikan. Buat kontes minggu ini, ungkap pehobi ikan cuang, Agung Prasetyo.

Bojez membuka salon ikan cupang hias di jalan Selorejp. Tiap hari, salon ikan ini tidak pernah sepi penggunjung para pehoni ikan cupang baik sekedar merapikan sirip ataupun ingin mempercantik ikan cupang hiasnya untuk mengikuti lomba.

BACA JUGA : Polisi Tetapkan 104 Tersangka Kasus Berita Hoaks Covid-19

Bojez menjelaskan, ikan cupang juga memerlukan treatment agar penampilannya makin cantik.

Kalau mau kontes, ikan cupang harus dihias agar bisa berstandar nasional Indonesia, ungkapnya.

Bermula dari hobinya itu, bisnis salon ikan hias Bojez sekarang mampu meraih rupiah. Dalam sehari rata-rata yang datang 15 sampai 50 orang untuk menghias ikannya. Menjelang kontes, Bojez mengaku pernah melakukan perawatan hingga 150 ekor ikan cupang.

Biaya untuk sekali perawatan ikan cupang hanya 25ribu saja.

Bojez mengaku bisnis salon ikan ini berawal dari ketidaksengajaan membantu teman untuk merapikan ikan cupangnya yang akan ikut kontes.

“Awalnya, temen minta tolong bias nggak ngrapiin ekor ikan cupang. Saya coba dan ternyata cocok,” katanya.

Sejak itu, kata Bojez, banyak pemilik ikan cupang yang dating meminta jasanya merapikan ikan peliharannya.

Bojez menuturkan, proses perawatan ikan cupang dilakukan dengan merapikan bentuk ekor, dorsal, ekor bagian atas, ekor bagian bawah dan bagian dasi.

“Perawatan ikan cupang ini tahapannya dimulai dengan membius ikan yang akan dirapikan dengan air rendaman tembakau atau air es batu,” katanya.

Waktu pingsan ikan antara 10 – 15 menit inilah yang dimanfaatkan untuk merapikan ikan cupang. Dengan memotong menggunakan silet beberapa bagian dari ekor atas bawah, dasi, dan dorsal bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.