23/01/2021

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Asosiasi Ojek Online Minta Penumpang Bawa Helm Sendiri untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

3 min read
Asosiasi Ojek Online Minta Penumpang Bawa Helm Sendiri untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

LajuBerita – Mengingat penyebaran Virus Corona sudah sampai ke Indonesia, para supir ojek online yang tergabung dalam sebuah Asosiasi Gabungan Transportasi Roda Dua (Garda) Indonesia mengimbau kepada seluruh penumpang agar membawa helm pribadi saat menggunakan jasa ojol.

hal tersebut disampaikan oleh Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia yaitu Igun Wicaksono. Adapun tujuan tersebut merupakan upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 yang saat ini mulai meluas di Indonesia.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menginformasikan bahwa wabah tersebut mampu menular lewat percikan air liur karena bersin atau batuk. tak hanya itu, permukaan benda yang ada di sekitar penderita yang mengenai orang lain juga dapat menularkan virus tersebut.

“Bagi pengguna jasa ojek online, disarankan agar mulai membawa helm pribadi. Akan lebih baik membawa helm dengan tas khusus helm. Hal ini demi keamanan dan kenyamanan di tengah merebaknya virus corona,” Ujar Igun.

Beliau juga menyebutkkan kalau langkah antisipasi tersebut lebih baik karena bisa saja penumpang lain yang menggunakan helm bergantian ternyata sedang mengidap batuk dan tanpa sengaja percikan liurnya mengenai kaca helm atau bagian lain.

Baca Juga : Sok Hebat Mau Niru Fast Furious, ALS Hantam Kontainer, 5 Penumpang Tewas Ditempat.

Igun memberikan 15 petunjuk kesehatan untuk pengguna ojol demi antisipasi penyebaran virus corona sebagai berikut:

1. Kenakan masker kesehatan/bedah ataupun masker seni N-95,
2. Gunakan helm SNI berpenutup wajah,
3. Kenakan sarung tangan yang bersih dan higienis,
4. Kenakan atribut lengkap tertutup,
5. Tutupi bagian leher dengan buff atau syal,
6. Kenakan sepatu tertutup lengkap dengan kaos kaki,
7. Usahakan membawa hand sanitizer dan sabun cair mengandung antispetik,
8. Untuk keluarga yang berada di rumah, lindungilah dengan menyiapkan desinfektan untuk mencuci atribut dan perlengkapan lain,
9. Atribut ojol jangan langsung masuk ke di rumah, cuci dengan desinfektan,
10. Usahakan rajin minum vitamin tambahan untuk menambah imunitas,
11. Jaga kebersihan makanan dan minuman sehat,
12. Rajin cuci tangan dengan sabun cair mengandung antiseptik,
13. Hindari kontak dengan terduga Corona,
14. Bila perlu gunakan kantong atau plastik khusus untuk simpan uang kertas atau logam,
15. Cek kesehatan kalau mengalami gejala flu dan batuk.

Sesuai keputusan Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) beberapa hari lalu, mulai Senin 16 Maret 2020 tarif ojek online untuk Zona II atau wilayah Jabodetabek akan mengalami kenaikan.

Budi Setiyadi selaku Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, penerapan tarif baru untuk ojol di Jabodetabek berjalan sesuai jadwal. Pihak aplikator juga telah melakukan penyesuaian.

“Mulai Senin 16 Maret seperti yang pernah kita sampaikan sbeelumnya, semua telah pakai tarif baru untuk ojol di Jabodetabek. Kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak aplikator, dan mereka telah mulai melakukan penyesuaian dan langsung pakai tarif baru,” katanya.

Budi mengatakan tak ada hambatan dari penetapan dan penerapan tarif baru tersebut. Semua pihak telah menyetujui dan menerima nominal kenaikannnya.

Kenaikan tarif ini diawali dari desakan keinginan para pengendara ojol, akibat dampak tingginya pertumbuhan ekonomi di Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, karena sebelumnya telah ada pembahasan soal kenaikan iuran BPJS, walau pada akhirnya hal ini pun dibatalkan oleh Menteri Keuangan.

Menurut Budi, pada prinsipnya semua telah sesuai arahan yang ditetapkan bersama. Penerbitan Surat Keputusan Menteri soal ketetapan tarif baru untuk ojol di wilayah DKI juga telah siap diterbitkan.

“Saya telah menandatangani surat keputusan dari Menteri Perhubungan, Senin tinggal diterbitkan. Jadi sesuai dengan pernyataan kemarin, kita sama-sama komit untuk menjalankan itu,” tutup Budi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.