02/12/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Asimilasi Narapidana di Obral Oknum Petugas, Harga Dari Rp 5 Juta Sampai Rp 7 Juta

2 min read
Asimilasi Narapidana di Obral Oknum Petugas, Harga Dari Rp 5 Juta Sampai Rp 7 Juta

LajuBerita – Asimilasi Covid-19 untuk narapidana saat ini diduga telah dimanfaatkan oleh beberapa oknum petugas untuk mendapatkan uang.

Bahkan, napi yang sudah bebas dari program asimilasi mengatakan harus membayar jutaan untuk mendapatkan tiket tersebut.

Seorang napi berinisial A (37), mengatakann bahwa jika ingin mendapatkan tiket asimilasi tersebut harus membayar dana sebesar Rp 5 juta ke oknum petugas.

Narapidana yang lain yang secara pensyaratan sudah memenuhi untuk mendapatkan asimilasi juga ditawarin jika ingin bebas.

“Saya sampai minta uang dari keluarga biar bisa bebas, kalau uangnya sudah ada baru kita dipanggil untuk proses pembebasan,” kata A yang dipenjara gara-gara kasus penganiayaan.

Narapidana Lapas Cipinang lainnya, S (41) juga mengaku dimintai uang agar dapat menjalani sisa masa tahanannya bersama keluarga.

Baca Juga : Indonesia Akan Tetap Ekspor APD, Menteri Sri Mulyani Tegaskan Indonesia Tetap Dalam Perioritas.

“Kalau tidak mau bayar, nggak bisa keluarlah,” lanjutnya.

S menuturkan para narapidana yang ‘ditarik’ uang demi dapat asimilasi tidak keberatan karena mereka dapat bebas meski rutin wajib lapor.

Mending dirumah dengan keluarga daripada dipenjara juga harus menghabiskan uang lebih banyak untuk kebutuhan.

“Itu awalnya minta duit 7 juta, cuma karena saya cuma bisa 5 juta dikasih,” tutur S.

Mendapatkan informasi bahwa asimilasi sudah disalah gunakan oleh oknum petugas lapas untuk mendapatkan uang dari para napi.

Pihak dari Plt Dirjen PAS Kemenkum HAM Nugroho juga sudah membentuk tim khusus untuk melacak siapa dalang yang meminta uang dan akan langsung dicopot oknum petugas tersebut.

Intruksi tersebut dari Menkumham Yasonna Laoly yang meneken Permenkumham Nomor 10 tahun 2020 tentang pemberian asimilasi dan hak integrasi dalam rangka pencegahan penularan virus Corona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.