24/10/2020

LAJU BERITA

Kumpulan berita viral terkini, berita viral terbaru, berita viral, berita terbaru di indonesia, berita seputar indonesia, berita terbaru

Anies Mengumumkan Perpanjang PSBB DKI Jakarta

2 min read
Anies Mengumumkan Perpanjang PSBB DKI Jakarta

LajuBerita – Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta pada akhirnya telah memutuskan untuk memperpanjang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Tak hanya perpanjang PSBB, Anies juga menetapkan bulan juni sebagai masa transisi. Masa dimana kita akan segera berakhir melawan pandemi ini.

Melalui konferensi pers Anies menyampaikan kalau status DKI Jakarta saat ini masih tetap PSBB, namun DKI Jakarta mulai melakukan transisi di bulan Juni. Masa transisi ini bertujuan untuj DKI Jakarta menuju aman dan sehat serta produktif.

Alasan Anies mengambil keputusan memperpanjang PSBB ini salah satunya karena masih adanya wilayah yang memiliki angka kasus positif terinfeksi yang masih tergolong tinggi. Oleh sebab itu, pengawasan dan pengendalian yang ketat masih harus dilakukan.

Seperti yang diketahui, PSBB DKI Jakarta seharusnya berakhir pada hari ini yaitu 4 Juni 2020. Sebelumnya PSBB yang diberlakukan pertama kali dijalankan pada 10 April 2020 sampai 24 April 2020 lalu.

Anies kemudian memperpanjang PSBB dari 24 April sampai 7 Mei 2020 dan diperpanjang lagi hingga 22 Mei 2020. Hingga akhirnya Anies memperpanjang lagi PSBB hingga 7 Juni 2020.

Baca Juga : Warga Depok Boleh Laksanakan Sholat Jumat di Masjid Mulai 5 Juni Besok.

Sedang untuk masa transisi yang dimaksud Anies adalah pembatasan kegiatan sosial ekonomi secara bertahap. Pada fase pertama transisi dimulai dengan melakukan pelonggaran kegiatan yang memiliki manfaat bagi masyarakat dan efek resiko terkendali.

Anies juga menyampaikan pada masa transisi ini semua peraturan mengenai sanksi terhadap pelanggaran pembatasan akan tetao berlaku dan tetap di tegakkan.

Jika dalam masa transisi ini terjadi lonjakan kasus yang terinfeksi, maka DKI Jakarta akan kembali menghentikan kegiatan sosial ekonomi.

Berikut adalah prinsip umum dimasa transisi:

  • Hanya warga yang sehat yang diperbolehkan berkegiatan diluar rumah
  • Fasilitas hanya digunakan maksimal 50%
  • Selalu menggunakan masker jika keluar rumah
  • Menjaga jarak antar orang minimal 1 meter
  • Cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer
  • Menerapkan etika saat batuk atau bersin
  • Untuk warga lansia, ibu hamil dan anak-anak di beberapa kegiatan belum di perbolehkan

“Dalam masa transisi ini semua peraturan mengenai sanksi terhadap pelanggaran pembatasan tetap berlaku dan akan tetap ditegakkan mulai dari kegiatan usaha dan kegiatan kemasyarakatan,” tutup Anies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.